Webinar: Menyisipkan Rekaman Video di Google Slide

Pendidik dapat mengimpor PPT yang telah dibuat dan menyisipkan video rekaman yang dibuat secara langsung di Google Slide dengan tambahan add-on.
Sumber: erickunto.com


Deskripsi

Media presentasi merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh pendidik. Dalam model Pembelajaran Jarak Jauh, tentunya presentasi yang disajikan sedapat mungkin tetap melibatkan atau bahkan menghadirkan sang pendidik. Ini akan membuat paparan lebih menarik dan meningkatkan antusiasme pembelajar.

Flyer kegiatan

Agenda

Tanpa memanfaatkan aplikasi telekonferensi seperti Meet, Teams, Zoom, dlsb pendidik dapat menyisipkan video rekaman di media presentasi, khususnya di Google Slide. Pendidik dapat mengimpor PPT yang telah dibuat sebelumnya dan menyisipkan video rekaman yang dibuat secara langsung di Google Slide dengan tambahan pengaya (add-on). Bahkan, pendidik juga dapat menambahkan video yang ada di YouTube.

Materi

Paparan ini berisi tentang:

Persiapan teknis

Yakni hal-hal yang perlu diperhatikan terkait piranti dan perlengkapan untuk merekam video. Untuk menghasilkan suara rekaman yang maksimal, Anda dapat memanfaatkan headset. Headset dari smartphone cukup mumpuni untuk menghasilkan suara dengan kualitas yang lumayan baik. Cek apakah mikrofon Anda bekerja dengan baik melalui https://www.onlinemictest.com/. Adapun untuk menghasilkan rekaman video yang maksimal pastikan ruangan yang Anda gunakan untuk merekam memiliki pencahayaan yang cukup. Pencahayaan terbaik berasal dari matahari. Usahakan Anda berada di dekat jendela untuk menghasilkan rekaman dengan pencahayaan yang baik. Jangan lupa, cek apakah webcam Anda bekerja dengan baik di https://www.cam-recorder.com/.

3 hal untuk memulai

Pertama, pastikan Anda telah memasang pengaya atau add-on Record to Slide. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini. Kedua, meskipun Anda dapat mulai menggunakan Google Slide dari lembar pertama, sebenarnya Anda juga dapat mengimpor PPT yang telah Anda buat sebelumnya. Caranya: File > Impor sllide > Upload lalu pilih file PPT Anda. Ketiga, pilih slide yang ingin Anda sisipkan rekaman video.

Sebelum merekam, pastikan...

  • Anda mengenakan pakaian yang layak dan lengkap. Akan lebih baik apabila Anda mengenakan seragam kerja Anda
  • Ruangan mendapatkan sinar pencahayaan yang cukup. Anda dapat memanfaatkan penerangan dari sinar lampu apabila tidak memungkinkan mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari
  • Jauhkan objek sekitar yang mungkin akan mengganggu fokus pemirsa. Usahakan pula tidak muncul suara-suara noice atau bising di ruangan Anda
  • Jangan lupa menghadap ke arah kamera saat tombol merekam sudah ditekan

Tip spesial

Selain merekam video secara langsung, Anda juga dapat menyisipkan video dari YouTube, baik video yang telah Anda buat sendiri maupun yang dibuat oleh pengguna lain. Caranya: pilih Sisipkan > Video lalu cari atau salin-tempel tautan video YouTube yang Anda ingin tambahkan. Anda juga dapat menambahkan suara latar dengan jalan Sisipkan > Audio.

Penting: Pastikan konten yang Anda sisipkan pada tayangan Anda adalah konten yang tidak menyalahi hak cipta pihak lain. Saya sangat merekomendasikan Anda menggunakan konten yang bebas pakai.

Rekaman webinar


Baca Juga