Migrasi Website erickunto.com

Sumber: erickunto.com

 

Mengapa harus migrasi?

Dalam waktu dekat, website www.erickunto.com akan melakukan migrasi dari platform wordpress ke blogger. Setelah menggunakan wordpress selama lebih kurang dua tahun, saya memutuskan beralih ke blogger karena beberapa hal berikut.

Isu hak cipta

Wordpress dan Blogger memang sama-sama platform yang handal yang didukung dengan pilihan tema menarik yang akan membuat kita bingung untuk memiihnya. Selain didukung oleh pilihan tema yang beragam, wordpress juga memiliki ribuan plugin yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa dan tampilan website kita. Sayangnya, untuk mengakomodasi hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit jika kita ingin menggunakan tema dan plugin premium. Tema dan beberapa plugin yang terpasang pada website saya sebelumnya berasal dari penyedia pembuatan website sehingga secara terang saya tidak memiliki lisensi atau bukti kepemilikan tema dan plugin tersebut. Meskipun bisa saja saya beralih ke tema versi gratis, namun itu akan berdampak pada restrukturasi website. Artinya, saya harus mendesain lagi dari awal. Untuk itu, saya beralih ke Blogger dan menggunakan tema Median buatan anak negeri.

Kemudahan pemeliharaan

Mengelola sebuah website tanpa dilatari pengetahuan dan skill koding dan website seperti saya merupakan usaha yang cukup menguras waktu. Perubahan-perubahan sederhana seperti mengubah font, menambahkan timeline Twitter, mengedit slider gambar memerlukan waktu ekstra untuk mempelajarinya. Belum lagi ketika ada masalah seperti SSL kadaluarsa yang hampir setengah tahun baru bisa teratasi. Meskipun telah menggunakan jasa pengembang website, layanan yang kurang responsif sering kali menjadikan masalah yang tak kunjung selesai. Betul memang, ketergantungan kepada pihak lain membuat kita tidak bisa beranjak. Setelah uji coba menggunakan Blogger, saya mendapat menu dan opsi yang ada di Blogger sangat sederhana yang bisa dengan mudah saya temukan apa yang saya cari. Dukungan dari Google memang tak terbantahkan. Namun, saya perlu sedikit demi sedikit belajar koding karena ada beberapa hal yang memang harus dilakukan dengan koding karena tidak ada plugin tambahan yang bisa kita tanamkan di Blogger. It's okay, yang pasti saya bisa menghemat lebih banyak waktu daripada berjibaku dengan urusan teknis lainnya.

Kecepatan produksi konten

Untuk satu postingan yang saya tulis via wordpress setidaknya membutuhkan 30-60 menit. Waktu loading yang cukup lama, pengecekan perubahan tampilan, dlsb sering kali menjadi penghambat saat saya akan menulis konten baru. Bahkan, semua konten yang saya tulis semua melalui laptop. Melalui Blogger, saya dapat menghemat setidaknya 40-60% waktu yang dibutuhkan untuk sekali postingan. Lebih menariknya lagi, saya dapat membuat postingan melalui iPhone tanpa harus membuka laptop. Ide yang biasanya saya arsipkan di Note yang kemudian saya pindahkan ke postingan, saat ini dapat langsung saya tulis di Blogger.

Apa dampak migrasi ini?

Tentu migrasi ini akan memiliki efek dan imbas, ada yang positif tentu ada pula sisi negatifnya. Namun jangan kuatir, saya sudah siapkan solusinya.

Broken link
Baca Juga