Bagaimana Membedakan Kutipan dari Microsoft Word dengan Kutipan dari Mendeley

Microsoft Word dan Mendeley sama-sama bisa digunakan untuk membuat kutipan. Bagaimana cara membedakan kutipan keduanya?
Sumber: erickunto.com


Di grup Whatsapp Mendeley Advisor Indonesia baru saja ada yang bertanya tentang bagaimana membedakan kutipan yang dibuat menggunakan Microsoft Word dengan kutipan dari Mendeley karena kedua kutipan sama-sama akan terblok di Microsoft Word. Setidaknya ada tiga cara yang dapat kita lakukan untuk membedakan keduanya.

Tutorial

Cara pertama, silakan cermati jenis blok dari keduanya karena akan berbeda. Kutipan yang dibuat dari Microsoft Word akan menampilkan kotak manakala kita mengarahkan kursor dan mengklik sebuah kutipan (lihat Gambar 1). 

Gambar 1

Kotak ini layaknya ketika kita membuat atau menginput sebuah rumus dari Microsoft Word. Untuk kutipan yang dibuat dengan Mendeley, kotak ini tidak ditemukan (lihat Gambar 2).

Gambar 2


Cara kedua, adalah dengan membuka kode. Anda dapat melakukannya dengan jalan: (1) pilih kutipan, (2) klik kanan, dan (3) pilih Toggle Field Codes. Secara otomatis akan muncul kode di balik penulisan kutipan tersebut. Sekarang, cermati kode yang dibuat oleh Microsoft Word yang diawali dengan CITATION seperti pada Gambar 3. 

Gambar 3

Adapun untuk kode yang dibuat Mendeley akan tampak lebih panjang seperti pada Gambar 4.

Gambar 4


Cara ketiga, adalah dengan bereksperimen mengganti gaya sitasi. Cara yang paling mudah adalah mengganti ke gaya sitasi dari author-data style menjadi berdasarkan urutan kemunculan kutipan, misalnya IEEE. Pastikan Anda mencermati perubahan yang terjadi pada kutipan dan daftar pustaka; apakah karena Anda mengubah pengaturan di Word atau Mendeley (Gambar 5).

Gambar 5

Video tutorial

Untuk lebih jelas, Anda dapat menyimak video di bawah ini.

Penutup

Yang pasti, ketiga cara ini dapat Anda lakukan jika Anda bekerja menggunakan Microsoft Word. Jika dokumen dalam format PDF, akan sangat sukar untuk membedakan mana dokumen yang kutipan dan daftar pustaka dibuat menggunakan Word, Mendeley, atau RMS lainnya. Kembali lagi fungsi utama RMS untuk memudahkan penulis dalam membuat kutipan dan daftar pustaka sekaligus meminimalisasi human error.

Jika Anda memiliki cara lain untuk mendeteksi kutipan via Mendeley dan Microsoft Word, silakan bubuhkan pada kolom komentar.

Baca Juga