App Smashing #4: Mendeley X VOSviewer

Menemukan gap riset atau tren riset merupakan hal yang menguras tenaga dan waktu. Paduan VOSviewer dan Mendeley dapat membantu Anda untuk hal ini.
Sumber: erickunto.com


Deskripsi

Melakukan pemetaan riset untuk mengetahui gap dan perkembangan sebuah riset merupakan suatu pekerjaan yang menguras energi apabila dilakukan secara manual. Dengan berbantuan Mendeley dan VOSviewer Anda tidak akan lagi menuliskan “Sejauh pengamatan penulis, belum pernah ada penelitian sejenis.” Selain dapat menemukan tren perkembangan sebuah topik riset, Anda bahkan dapat menulis sebuah artikel ilmiah yang menyoroti kasus ini, yang lebih dikenal dengan istilah analisis bibliometrik. Contoh analisis bibliometrik dapat dibaca di https://aksara.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/aksara/article/view/373

Agenda

Pada pelatihan kali ini, Anda akan dibagikan pengalaman mengenai bagaimana memanfaatkan Mendeley dan VOSviewer dalam rangka menemukan tren sebuah riset, topik-topik apa saja yang telah banyak dibahas, topik-topik yang belum banyak diteliti, serta pengklasteran riset dari koleksi referensi yang ada di library Mendeley Anda.

Prasyarat

  1. telah memasang Mendeley Desktop (unduh mendeley terbaru di sini, versi sebelumnya di sini)
  2. telah mengunduh VOSviewer (klik di sini untuk mengunduh)

Narasumber

Eric Kunto Aribowo | Mendeley Advisor

Pelaksanaan

Kamis, 11 Juni 2020 | 13.00-14.30 WIB via Googe Meet

Fasilitas

  • Slide materi
  • E-Certificate dari Teman Acara (dilengkapi QR-Code, nomor sertifikat, dan jam pelatihan)

Catatan: Silakan pantau terus email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Semua komunikasi akan melalui email, termasuk unggah bukti transfer yang diunggah melalui sistem di Teman Acara.

Pendaftaran

Kunjungi tautan https://temanacara.com/mendeley-vos untuk melakukan pendaftaran. Jangan lupa, gunakan email aktif.

Materi

Klik download di kanan bawah untuk mengunduh materi.

Rekaman

Klik tombol putar untuk menyaksikan video rekaman webinar.

Baca Juga