Webinar: How to Get Indexed in International Citation Databases

Materi dan rekaman webinar terkait indeksasi kutipan di basis data internasional
Sumber: erickunto.com


Minggu lalu (26/2/2020) CTSI: Southern California Clinical and Translational Science Institute menyelenggarakan webinar yang bertajuk "How to Get Indexed in International Citation Databases". Sebagai narasumber adalah James R. Greenwood, PhD, Adjunct Professor dari School of Public Health, UCLA. 

Ringkasan

Sitasi—terkadang disebut sebagai intellectual transactions, adalah pengakuan intelektual yang menautkan antara studi saat ini dengan karya-karya yang sudah diterbitkan. Ini tidak hanya memberikan kredibilitas pada karya-karya peneliti, tetapi juga membantu penyandang dana mengevaluasi dampak dari sebuah penelitian. Indeks kutipan (citation indexes) dipertahankan untuk pengambilan informasi dari publikasi yang mengutip dan yang dikutip sehinggga memfasilitasi proses pencarian literatur. Ini juga membantu penulis dalam mengidentifikasi jumlah kutipan yang telah diterima dari artikel-artikel mereka.

Data kutipan dianggap sebagai ukuran yang sah untuk memeringkat penulis, jurnal, dan penerbit.

Melalui webinar ini, pemirsa diberikan informasi tentang pengindeksan sitasi serta bagaimana penulis dan penerbit dapat diindeks dalam database sitasi yang telah mapan seperti WoS, Scopus, dan CrossReff.

Topik yang dibicarakan:

  • Why and what authors need to cite?
  • Citation indexing and its significance
  • Selection criteria of international citation databases like WoS, Scopus, and Crossref
  • How can journals and publishers index in citation databases?

Materi paparan

Rekaman webinar

Baca Juga