Mendeley isn’t only a Reference Manager, but also your partner in doing research

Mendeley tidak hanya dapat digunakan untuk mengutip dan membuat daftar pustaka secara otomatis, namun juga dapat membantu analisis bibliometrik
Sumber: erickunto.com


Jumat (7/2/2020) kemarin, saya diundang oleh beberapa rekan dari Universitas Narotama Surabaya dan UIN Surabaya untuk berbagi pengalaman terkait penggunaan Mendeley. Pelatihan yang dimulai dari pagi hingga sore hari ini berlokasi di Graha IT Surabaya.

Setengah dari jumlah peserta masih menggunakan Microsoft Word dalam membuat kutipan. Meskipun bisa dilakukan, namun sayangnya kita tidak dapat melakukan anotasi atau menambahkan komentar atau catatan tertentu pada artikel (berkas; fail PDF). Di kegiatan ini, selain mempraktikkan dasar-dasar penggunaan Mendeley (mengimpor referensi, membuat kutipan, dan daftar pustaka) para peserta juga berlatih untuk melakukan anotasi, bahkan anotasi berkolaborasi.

Selain berlatih Mendeley, para peserta juga dilatih untuk menggunakan perangkat lain: Publish or Perish dan VOSviewer. PoP dapat dimanfaatkan untuk memanen metadata artikel dari pengindes seperti Google Scholar, Dimensions, dan CrossRef. Aplikasi VOSviewer dapat membantu kita untuk melakukan analisis bibliometrik dan memvisualisasikan peta riset dalam bidang tertentu. Di samping itu, kita juga dapat memetakan jaringan penulis, penerbit, hingga afiliasi penulis jika kita memanfaatkan basisdata dari Scopus.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui materi pelatihan tersebut silakan mainkan Kahoot berikut.
Buka Kahoot
Baca Juga