Cara Impor Dokumen dengan Format PDF, PPT, PPTX, dan KEY ke Kahoot!

Cara Impor Dokumen dengan Format PDF, PPT, PPTX, dan KEY ke Kahoot!

Setelah baru-baru ini merilis fitur unggah gambar untuk alternatif jawaban dan multi-select untuk soal dengan jawaban lebih dari satu; Kahoot! merilis satu lagi fitur. Fitur ini diberi nama “import slide“. Ya, seperti harapan kebanyakan pendidik yang menginginkan Kahoot! agar bisa diselingi dengan slide, akhirnya permintaan ini dipenuhi. Ini berarti kita dapat menambahkan slide sebagai informasi tambahan atau konteks untuk penjelasan atas pertanyaan sebelum atau sesudahnya. Jika Anda masih belum tahu apa saja tipe pertanyaan yang bisa kita manfaatkan di Kahoot!, silakan baca artikel ini.

Slide merupakan salah satu tipe pertanyaan yang bisa dimanfaatkan pada akun premium. Kahoot! memberikan dukungan kepada para guru dan dosen yang terdampak COVID-19 untuk mendapat akses premium secara gratis. Anda dapat melakukan klaim di sini sebelum 30 Juni 2020.

Pengguna dapat mengimpor slide dari dokumen dengan format: PDF, PPT, PPTX, dan KEY dengan ukuram fail maksimal 80MB. Semua dokumen ini nantinya akan dikonversi ke dalam format gambar agar dapat muncul dan tampak di slide. Hasil dari percobaan saya, membutuhkan waktu kira-kira 30-60 detik untuk mengimpor satu halaman berkas PDF. Semakin kompleks ini dokumen semakin lama pula proses impor. Namun, saat proses ini berjalan Anda dapat menunggu sambil membuat kahoot atau pertanyaan berikutnya. Tidak perlu kuatir karena gambar yang diimpor akan ditambahkan setelah kahoot terakhir dibuat (sebelum impor).

Perhatian: temukan tombol impor slide di kiri bawah layar untuk mengunggah dokumen ke dalam slide.

Untuk lebih jelas, dapat diamati pada video berikut.

Tip: jika Anda tidak memiliki akses premium, Anda dapat mengkombinasikan Kahoot! dengan Microsoft Word, Google Slide, atau aplikasi lainnya.

Jika Anda masih ragu dampak positif dari penggunaan Kahoot! di kelas, coba baca 18 artikel dari hasil penelitian berikut.

1 Comment

  • Siti nurkhasanah Posted May 6, 2020 09:14

    Trimakasih ilmunya pak Eric, step by step saya akan pelajari artikel terkait.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *