Open Science

Open Science

Open Science adalah gerakan untuk membuat penelitian ilmiah dan data dapat diakses oleh semua orang. Ini mencakup praktik-praktik seperti menerbitkan penelitian ilmiah terbuka, berkampanye untuk akses terbuka dan secara umum membuatnya lebih mudah untuk mempublikasikan dan mengkomunikasikan pengetahuan ilmiah. Selain itu, ini termasuk cara lain untuk membuat sains lebih transparan dan dapat diakses selama proses penelitian. Ini termasuk ilmu manajemen data riset, data sharing, metode terbuka, aspek perangkat lunak open source, dan proyek penelitian crowdfunded.

Beberapa keuntungan dari gerakan ini termasuk: ketersediaan dan aksesibilitas yang lebih besar dari hasil penelitian ilmiah yang didanai publik; kemungkinan untuk proses peer-review yang ketat; reproduksibilitas dan transparansi yang lebih besar dari karya ilmiah; dampak yang lebih besar dari penelitian ilmiah.

Open Science memanfaatkan prevalensi internet dan perangkat digital terkait untuk memungkinkan kolaborasi penelitian lokal dan global yang lebih besar. Sejumlah dokumen, organisasi, dan gerakan sosial mengadvokasi adopsi yang lebih luas dari ilmu pengetahuan terbuka dan data ilmu pengetahuan terbuka. Inisiatif ini mendorong pengembangan dan implementasi strategi komunikasi penelitian ilmiah yang inklusif, efektif, dan kondusif untuk kolaborasi dan penemuan ilmiah di berbagai bidang ilmiah.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *