Mobile Learning

Mobile Learning

Mobile learning, juga dikenal dengan m-learning adalah cara baru untuk mengakses konten pembelajaran menggunakan ponsel. Mobile learning dapat didukung dengan bantuan perangkat mobile sehingga proses pembelajaran dapat diakses secara berkelanjutan. Ini dapat dilakukan menggunakan perangkat seperti ponsel, laptop, atau tablet. Melalui mobile learning, pembelajaran dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun Anda mau! Dengan kemajuan mobile learning, sistem pendidikan berubah.

Semakin banyak sekolah mulai menggunakan laptop atau tablet. Anak-anak dan orang dewasa senang memanfaatkan kedua perangkat ini. Aplikasi edukatif juga menjadi semakin tersedia untuk guru dan dosen.

Contoh pembelajaran mobile learning adalah menawarkan materi pembelajaran dalam bentuk teks, video, dan audio. Peserta didik dapat diberikan tugas setelah selesai menonton video dari guru atau dosen yang telah ditaruh secara online (asynchronous learning). Pendidik juga dapat menggunakan perangkat mobile untuk meningkatkan interaksi. Misalnya dengan memanfaatkan forum diskusi online atau mengadaptasi gamification dengan menyelenggarakan kuis di mana peserta dapat menjawab langsung dengan perangkatnya masing-masing.

Apakah Anda ingin memberikan umpan balik langsung kepada peserta didik Anda? Ini dimungkinkan dengan synchronous learning. Anda bisa memberikan umpan balik langsung bahkan ketika Anda berada di rumah. Selain itu, pendidik juga dapat berinteraksi dengan siswa mereka selama pembelajaran.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *