Eric Kunto Aribowo

Dosen, Peneliti, Trainer

Saya adalah seorang dosen yang memiliki minat riset di bidang onomastik, sosiolinguistik, linguistik lanskap, teknologi pendidikan. Sebagian besar publikasi saya secara komprehensif mengulas pemilihan nama Arab, tren nama Arab, nama dan perkawinan, tren riset onomastik, pola nama keturunan Arab, dan teknologi pendidikan, khususnya mobile learning. Saya beberapa kali mendapatkan hibah penelitian kompetitif nasional (2016-2018) dan menjadi pendamping Program Hibah Bina Desa (2018).

Pencapaian

Pendidikan

Dia alumni S1 Sastra Arab (S.S. tahun 2009) dan S2 Ilmu Linguistik (M.A. tahun 2011) dari UGM, Yogyakarta.

Editor/Reviewer

Dia juga terlibat sebagai editor di Leksema serta reviewer di Jurnal Sosial Humaniora, IJoCS, Register, EduLite, and Jubindo.

Skill

0%
Manajemen Data Riset
0%
Etika riset dan publikasi
0%
21st century learning
0%
Mobile Learning
testimoni

Apa Kata Mereka

Anak muda yang penuh potensi, yang mau berbagi ilmunya tentang Kahoot kepada banyak orang. Saya banyak belajar dari mas Eric.

Umi Tira Lestari
Umi Tira Lestari, S.E., M.Ak.SMK Ranti Mula Bogor

Genially adalah media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam belajar yang animasinya bagus. Sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru. Terimakasih bapak ambasador ERIC KUNTO.

Agustri Hartika
Agustri Hartika, S.Pd.SMPN 3 Sawahlunto, Sumatera Barat

Alhamdulillah dapat kesempatan ikut webinar Kahoot lagi. Ternyata masih banyak fitur-fitur kahoot yang baru saya ketahui di sini. Sangat memotivasi saya untuk menjadi lebik baik lagi dalam membuat media pembelajaran.

Anif Setyawati
Anif Setyawati, M.Pd.SMA N 1 Tuban

Inovasi penyampaian materi yang interaktif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran asinkronus. Terima kasih pak Eric Kunto Aribowo yang telah menjadi pembuka jalan bagi kami di Poltekkes Kemenkes Sorong. Ilmu ini akan kami terapkan pada mahasiswa kami.

Alva Cherry Mustamu
Alva Cherry Mustamu, S.Kep.,M.KepPoltekkes Kemenkes Sorong

Pemanfaatan Mendeley sebagai solusi manajemen referensi dari Elsevier mampu dipaparkan secara baik sehingga mudah dipahami oleh peserta pelatihan. Selamat dan semangat untuk Pak Eric yang pasti akan semakin memajukan dunia penelitian dan pendidikan Indonesia!

Johan Jang
Johan JangElsevier Indonesia

Mendeley membutuhkan ketekunan dan banyak waktu untuk mencari dan memasukkan referensi terkait artikel kita. Dengan kombinasi Mendeley dan Lens kendala tersebut teratasi. Penulis sangat terbantu menyusun artikel lebih efisien dari sisi waktu dan energi.

Retno Widyani
Prof. Dr. Drh. Rr. Retno Widyani, M.S., M.H.Dosen LLDIKTI IV Jawa Barat

Pak Eric adalah seorang professional yang sangat kooperatif sebagai narasumber. Mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan sangat komunikatif baik dengan penyelenggara event maupun peserta. Ilmu yang diberikan juga sangat praktis dan aplikatif sehingga sangat berguna bagi peserta.

Danang Dwi Harmoko
Danang Dwi Harmoko, S.S., M.Pd.TemanAcara.com

Workshop yang luar biasa. Cara penyampaian berbasis teknologi mutakhir dan pengetahuan yang terintegrasi dengan IT.

Umi Fauziah
Umi Fauziah, S.Pd., M.Pd.Universitas Muhammadiyah Purworejo

Materi hari ini sangat menarik bagi saya. Sumber artikel legal dan gratis menambah semangatku menulis. Narasumbernya sangat menginspirasi dan luar biasa dalam memajukan dunia pendidikan.

 

Peni Mawarningrum
Peni Mawarningrum, S.Pd., M.Pd.SMP N 2 Karangsambung
Materi sangat menarik dengan penyampaian yang detail serta memotivasi guru untuk berinovasi menggunakan aplikasi edukasi dalam kegiatan proses belajar mengajar.
Nando Rumahorbo
Nando Rumahorbo, S.Pd.Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unimed

Pelatihan ini membuat saya lebih mendalami penggunaan Mendeley dalam penulisan ilmiah atau penelitian.

Ida Afriliana
Ida Afriliana, S.T., M.Kom.Politeknik Harapan Bersama Tegal

Publish or Perish mempermudah dan membantu akademisi dalam menelusuri tinjauan pustaka yang sebelumnya dikenal sebagai pekerjaan yang melelahkan. Lebih-lebih, materi ini dibawakan dengan sangat baik oleh Pak Eric.

Emmy Safitri
Dr. Emmy Syafitri, S.Pi., M.Si.Universitas Dharmawangsa

Materi Wakelet sangat membantu dalam pemanfaatan IT pada pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19. Pak Eric tetap semangat dalam berkarya. Terima kasih sudah memberikan materi yang sangat bermanfaat.

Luluk Ika Fatul Anisa
Luluk Ika Fatul Anisa, S.Pd.SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi, Malang

Berkat Genially saya bisa membuat media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga siswa lebih semangat belajar. Terima kasih pak Eric selaku Ambassador Genially yang telah membagikan ilmu yang bermanfaat.

Indah Purwanti
Indah Purwanti, S.Si. SMA Negeri Balung, Jember

Konten Pembelajaran dengan Geneally dapat dipaparkan dengan jelas sehingga dapat menambah wawasan di tengah menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh. Amazing buat Pak Eric Kunto semoga terus berkarya.

Dwi Sulistyaningrum
Dra. Dwi SulistyaningrumSMAN 1 Kedunggalar, Ngawi

Mas Eric menyampaikan sesuatu yang secara gamblang membuka pemahaman dan pengetahuan kami mengenai sains terbuka dan kondisinya di Indonesia.

Andri Putra Kesmawan
Andri Putra Kesmawan, S.IP., M.IP.Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia

Pelatihan ini mengajak saya untuk memperluas informasi melalui teknologi sehingga dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas tetapi up-to-date terkait TIK.

Rahayuningsih
Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd.SMP N 1 Trucuk, Klaten

"Saya kira Mendeley sudah sangat membantu dalam penulisan referensi, namun dengan kombinasi Perish, Dimension, Lens, dan VOSviewer ternyata malah lebih memudahkan pencarian, pemetaan, dan melengkapi detail referensi. Terima kasih pak Eric yang selalu bersemangat sharing ilmunya yang memotivasi untuk saya juga tetap semangat belajar dan menulis karya ilmiah."

Herfa Maulina Dewi Soewardini
Herfa Maulina Dewi Soewardini, S.Si., M.Pd.Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Wakelet membuat saya menjadi lebih percaya diri untuk membuat video pembelajaran online melalui Fligrid. Mr. Eric is the best !!!!.....keren.....mantap......sangat sabar dalam memberikan ilmunya kepada peserta pelatihan. Semoga tambah sukses dari kami semua.

Cecep Sukardi
Cecep Sukardi, S.Pd.SMK Ad-Da'wah Jakarta

Pelatihan ini membakar semangat saya untuk menulis kembali.

Moses L.P. Hutabarat
Dr. Moses L.P. Hutabarat, S.Kom., S.E., M.M. Universitas Pelita Harapan
@EricKunto Publish or Perish merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memanen #metadata (bukan fulltext) ka… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto RT @wakelet: 📺Professional Development with Wakelet!📺 What's on this week? 💡Beginner's Guide webinar: today at 3pm & 8pm GMT 💡Collaborati…
@EricKunto RJI for Indonesia Webinar Amal, Lokakarya Jurnal Ilmiah Sabtu, 23/1/2020 | 10 WIB *Seluruh dana yang terkumpul dar… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto Workshop online “Pembelajaran Berbasis Game” Sabtu, 5 Des 2020 | 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini gratis alias tidak d… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto Berkolaborasi dengan Whiteboard Edu, saya akan memaparkan bagaimana memanfaatkan aplikasi edukasi untuk menciptakan… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto Materi “Memaksimalkan @GetKahoot untuk Pembelajaran” bsk Sabtu (28/11) dpt dibaca di erickunto.com/2020/11/19/mem… @herfasoewardini
@EricKunto Sdh coba #appsmash @GetKahoot & @Bitmoji? Lobi game mjd lebih seru 🥳 erickunto.com/2020/11/17/int…
@EricKunto Webinar Memaksimalkan #Kahoot untuk #Pembelajaran, Sabtu (28/11). Registrasi: bit.ly/SeminarOnlineH… ⁦@GetKahoot⁩… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto Baru-baru ini Kahoot! merilis fitur terbarunya, yakni menambahkan rumus matematika. Dengan fitur ini Anda dapat men… twitter.com/i/web/status/1…