Eric Kunto Aribowo

Dosen, Peneliti, Trainer

Saya adalah seorang dosen yang memiliki minat riset di bidang onomastik, sosiolinguistik, linguistik lanskap, teknologi pendidikan. Sebagian besar publikasi saya secara komprehensif mengulas pemilihan nama Arab, tren nama Arab, nama dan perkawinan, tren riset onomastik, pola nama keturunan Arab, dan teknologi pendidikan, khususnya mobile learning. Saya beberapa kali mendapatkan hibah penelitian kompetitif nasional (2016-2018) dan menjadi pendamping Program Hibah Bina Desa (2018).

Pencapaian

Pendidikan

Dia alumni S1 Sastra Arab (S.S. tahun 2009) dan S2 Ilmu Linguistik (M.A. tahun 2011) dari UGM, Yogyakarta.

Editor/Reviewer

Dia juga terlibat sebagai editor di Leksema serta reviewer di Jurnal Sosial Humaniora, IJoCS, Register, EduLite, and Jubindo.

Skill

0%
Manajemen Data Riset
0%
Etika riset dan publikasi
0%
21st century learning
0%
Mobile Learning
testimoni

Apa Kata Mereka

Figshare menjawab kebutuhan saya selama ini. Ambassadornya juga luar biasa, expert, smart, dan millenial style.

Ratna Susanti
Ratna Susanti, S.S., M.Pd.Politeknik Indonusa Surakarta

Materi isinya daging, hasil kompilasi konten kontemporer. Pak Eric well-prepared dalam presentasinya.

Agung Purnomo
Agung Purnomo, MBAUniversitas Bina Nusantara

Figshare berbeda dengan yang lain. Terutama dari adanya sistem lain yang dihadirkan oleh Digital Science. Saling terkoneksi, saling mendukung dan menguatkan sehingga dapat mempermudah user. Selamat bagi para ambasador, sukses terus!

Dwi Fajar Saputra
Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M.Pegiat Open Data

Wakelet luar biasa bermanfaat bagi saya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Terimakasih Pak Eric atas ilmu yang dibagikan. Bapak adalah narasumber yang amat menyenangkan karena bisa dengan sabar membimbing dan mendetail menerangkan isi materi. Sukses selalu buat Pak Eric.

Isnaini
Isnaini, S.Pd.I.SDN 33 Pangkalpinang

"Saya kira Mendeley sudah sangat membantu dalam penulisan referensi, namun dengan kombinasi Perish, Dimension, Lens, dan VOSviewer ternyata malah lebih memudahkan pencarian, pemetaan, dan melengkapi detail referensi. Terima kasih pak Eric yang selalu bersemangat sharing ilmunya yang memotivasi untuk saya juga tetap semangat belajar dan menulis karya ilmiah."

Herfa Maulina Dewi Soewardini
Herfa Maulina Dewi Soewardini, S.Si., M.Pd.Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Alhamdulillah...dengan Wakelet saya bisa lebih mudah lagi melaksanakan pembelajaran secara online. Trima kasih Mas Eric atas penyaluran ilmu serta wawasannya buat kami semua.

Sumisteri Trisnawati
Sumisteri Trisnawati, S.Pd.SDN Sampanahan Hilir, Kalimantan Selatan

Pelatihan ini mengajak saya untuk memperluas informasi melalui teknologi sehingga dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas tetapi up-to-date terkait TIK.

Rahayuningsih
Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd.SMP N 1 Trucuk, Klaten

Konten Pembelajaran dengan Geneally dapat dipaparkan dengan jelas sehingga dapat menambah wawasan di tengah menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh. Amazing buat Pak Eric Kunto semoga terus berkarya.

Dwi Sulistyaningrum
Dra. Dwi SulistyaningrumSMAN 1 Kedunggalar, Ngawi

Genially adalah media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam belajar yang animasinya bagus. Sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru. Terimakasih bapak ambasador ERIC KUNTO.

Agustri Hartika
Agustri Hartika, S.Pd.SMPN 3 Sawahlunto, Sumatera Barat

Saya menjadi sadar pentingnya Mendeley untuk menjaring kolaborasi dan kerja sama.

Khairani Zikrinawati
Khairani Zikrinawati, S.Psi., M.A. UIN Walisongo

Publish or Perish mempermudah dan membantu akademisi dalam menelusuri tinjauan pustaka yang sebelumnya dikenal sebagai pekerjaan yang melelahkan. Lebih-lebih, materi ini dibawakan dengan sangat baik oleh Pak Eric.

Emmy Safitri
Dr. Emmy Syafitri, S.Pi., M.Si.Universitas Dharmawangsa

Genially adalah aplikasi yang ramah guru dan siswa. Terima kasih kepada pak Eric Kunto selaku ambassador Genially yang ter-KEREN dalam ilmu karena berbagi tanpa kenal kepada siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

Rizza Yustianingsih
Rizza Yustianingsih, M.Pd.SMP N 3 Sawahlunto

Wakelet membuat saya menjadi lebih percaya diri untuk membuat video pembelajaran online melalui Fligrid. Mr. Eric is the best !!!!.....keren.....mantap......sangat sabar dalam memberikan ilmunya kepada peserta pelatihan. Semoga tambah sukses dari kami semua.

Cecep Sukardi
Cecep Sukardi, S.Pd.SMK Ad-Da'wah Jakarta

Pelatihan ini membakar semangat saya untuk menulis kembali.

Moses L.P. Hutabarat
Dr. Moses L.P. Hutabarat, S.Kom., S.E., M.M. Universitas Pelita Harapan

Saya jadi mengenal banyak aplikasi yang membuat cara pandang baru bagaimana mengajar yang menarik. Menambah wawasan mengenai alternatif aplikasi pembelajaran jarak jauh yang mudah diaplikasikan.

Arlies Subiastuti
Arlies Subiastuti, S.Psi.SMA N 1 Biak, Papua

Mendeley membutuhkan ketekunan dan banyak waktu untuk mencari dan memasukkan referensi terkait artikel kita. Dengan kombinasi Mendeley dan Lens kendala tersebut teratasi. Penulis sangat terbantu menyusun artikel lebih efisien dari sisi waktu dan energi.

Retno Widyani
Prof. Dr. Drh. Rr. Retno Widyani, M.S., M.H.Dosen LLDIKTI IV Jawa Barat

Kahoot! It is an engaging and easy way to integrate technology both in your 'on site' and virtual classrooms for any levels. Not only can teachers provide interactive games and quizzes for classroom assessment but also help learners do independent learning through self study mode. Try Kahoot! and find the difference.

Masrurin Laliliyah
Masrurin Laliliyah, S.Pd., M.Pd.SMA Al Hikmah Surabaya

Mas Eric ini luar biasa. Meskipun dari humaniora, namun banyak menguasai perkakas untuk dunia riset dan publikasi. Saya banyak belajar dari Mas Eric.

Purwoko
Purwoko, S.I.P.Pustakawan FT UGM

Selalu ingat kata Mas Eric: "Sebagai Ilmuwan kita wajib membagikan ilmu ke orang lain". Terus berkarya dengan webinar dan software keren seperti Kahoot dan Wakelet.

Yessica Chrisna Dewi
Yessica Chrisna Dewi, S.Pd., Gr.SMP Negeri 1 Tiga Dihaji

Mas Eric menyampaikan sesuatu yang secara gamblang membuka pemahaman dan pengetahuan kami mengenai sains terbuka dan kondisinya di Indonesia.

Andri Putra Kesmawan
Andri Putra Kesmawan, S.IP., M.IP.Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia
@EricKunto RT @openaccessid: Kami kembali mengadakan webinar akademik dengan mengangkat tema "Pemeringkatan Perguruan Tinggi, Memperluas atau Memperse…
@EricKunto RT @keincaled: Teman2 #PublikasiIlmiah, Perkenankan saya mengusulkan nama 'Rinjani' (Rintisan Indeksasi Jurnal Nusantara Imersif). Dalam…
@EricKunto My next agenda about @wakelet. Go live in 2,5 hours at bit.ly/wakeletkuliaha… #wakeletwave @JBDbiz @MisbahGedal… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto Check this out - Meningkatkan Skill Kolaborasi Siswa dengan Wakelet via @wakelet wke.lt/w/s/9QuX4n pic.twitter.com/AAeYcEVqQu
@EricKunto RT @OnayBejo: SEROJA Episode 42 - Meningkatkan Skill Kolaborasi Siswa dengan WAKELET youtu.be/ywHsrIoI7Js via @YouTube Joining @EricKu…
@EricKunto #WakeletSpace baru saja dirilis. Sy akan sampaikan bsk pd kesempatan ini. My next @wakelet webinar. I also will i… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto RT @alawadi_laila: Thank you for great session #QuizalizeWeek Zzish Insights @Quizalizeapp #QuizalizeinMalaysia #Inspiremy #MIEExpert @ro…
@EricKunto Dua hari lagi bakal rilis nih yg paling dinanti 😁 twitter.com/wakelet/status…
@EricKunto RT @IleneWinokur: This is awesome, Dene! Perhaps @TImanShaheen1 @GOHKOKMING2 @EricKunto @dpskamal @PKanthake @Sean4d @Doctor_Harves @noasbo…