Siapa saya?

Linguis yang ingin menjadi ilmuwan

pelatihan preprint INARXIV dan manajemen data riset Zenodo

Nama saya Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Lahir di Yogyakarta pada 7 Maret 1986. Saya memiliki minat riset di bidang linguistik khususnya onomastik, sosiolinguistik, dan linguistik lanskap. Selain itu, saya juga memiliki hasrat yang kuat tentang teknologi pendidikan. Tiga kali saya mendapatkan hibah penelitian kompetitif nasional (2016-2018) dan menjadi pendamping Program Hibah Bina Desa (2018). Pengembangan diri sekaligus pengabdian saya lakukan melalui pelatihan pemanfaatan mobile learning kepada para guru serta pengelolaan riset dan publikasi bersama Relawan Jurnal Indonesia. Sementara itu, kerja sama internasional dengan menjadi ambassador di Center for Open Science, Figshare, dan Protocols untuk mendorong keterbukaan riset; serta ambassador di Quizlet, Kahoot!, dan Wakelet untuk mendampingi para guru menuju pembelajaran abad ke-21.

temukan yang Anda butuhkan

Dukungan teknis yang saya miliki

Altmetric Ambassador
Altmetric Ambassador
Sejak Juni 2018 - sekarang
Altmetric merupakan bibliometrik non-tradisional yang memantau atensi luaran riset melalui media sosial, blog, dan laman berita.
Anggota RJI
Anggota RJI
Sejak Juli 2019 - sekarang
Relawan Jurnal Indonesia merupakan organisasi non-profit yang mengedukasi dan memberikan pendampingan terkait pengelolaan jurnal ilmiah.
Canva Community
Canva Community
Sejak Agustus 2019 - sekarang
Ialah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna membuat grafik media sosial, poster, dan konten visual lainnya dengan mudah.
COS Ambassador
COS Ambassador
Sejak September 2018 - sekarang
COS merupakan organisasi teknologi nirlaba yang memiliki visi meningkatkan keterbukaan, integritas, dan reproduksibilitas penelitian ilmiah.
Edpuzzle Coach
Edpuzzle Coach
Sejak Oktober 2019 - sekarang
Video interaktif berbasis web sekaligus alat penilaian formatif yang mendorong (maha)siswa untuk berpikir kritis dari video yang mereka tonton.
Figshare Ambassador
Figshare Ambassador
Sejak Mei 2018 - sekarang
Figshare adalah repositori gratis untuk berbagi data, poster, grafik, presentasi, foto, video, audio, kode, dan luaran riset lainnya.
Kahoot! Ambassador
Kahoot! Ambassador
Sejak Mei 2019 - sekarang
Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game yang membuat belajar menjadi menyenangkan (semua pelajaran, perangkat, dan usia).
Mendeley Advisor
Mendeley Advisor
Sejak Maret 2018 - sekarang
Mendeley merupakan software manajemen referensi gratis untuk mengelola riset, berkolaborasi, dan menemukan riset mutakhir.
Office 365 Trainer
Office 365 Trainer
Sejak November 2017 - sekarang
Microsoft Office 365 merupakan versi online dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote untuk berkolaborasi dengan mudah.
Protocols Ambassador
Protocols Ambassador
Sejak Januari 2020 - sekarang
Merupakan platform terdepan dalam manajemen data dan berbagi metode. Simpan, kelola, dan publikasikan semua karya dalam satu tempat.
Quizlet Ambassador
Quizlet Ambassador
Sejak April 2018 - sekarang
Quizlet merupakan aplikasi belajar berbasis mobile dan web yang memungkinkan siswa mempelajari informasi via permainan dan tool lainnya.
Wakelet Ambassador
Wakelet Ambassador
Sejak Mei 2019 - sekarang
Wakelet merupakan aplikasi kurasi gratis yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengelola, berbagi cerita, dan konten offline maupun online.
testimoni

Apa kata mereka

Belajar manajemen referensi dengan memanfaatkan Mendeley bersama Mas Eric adalah belajar tentang bertanggung jawab dan menghargai karya orang. Luar biasa. Terima kasih, Mas Eric.

Wira Kurniawati
Wira Kurniawati, S.S., M.A.Universitas Gadjah Mada

Saya mengunakan Mendeley semenjak tahun 2016 dalam menulis artikel. Setelah mengikuti workshop online dan didampingi oleh Bapak Eric Kunto Aribowo ternyata banyak sisi lain yang selama ini tidak saya ketahui, terutama perbaikan metadata, dan mengkombinasikan Mendeley dengan Publish or Perish maupun aplikasi lainnya.

Maria Imaculata Ose
Maria Imaculata Ose, S.Kep., Ns, M.KepUniversitas Borneo Tarakan

Wakelet luar biasa bermanfaat bagi saya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Terimakasih Pak Eric atas ilmu yang dibagikan. Bapak adalah narasumber yang amat menyenangkan karena bisa dengan sabar membimbing dan mendetail menerangkan isi materi. Sukses selalu buat Pak Eric.

Isnaini
Isnaini, S.Pd.I.SDN 33 Pangkalpinang

Wakelet membuat saya menjadi lebih percaya diri untuk membuat video pembelajaran online melalui Fligrid. Mr. Eric is the best !!!!.....keren.....mantap......sangat sabar dalam memberikan ilmunya kepada peserta pelatihan. Semoga tambah sukses dari kami semua.

Cecep Sukardi
Cecep Sukardi, S.Pd.SMK Ad-Da'wah Jakarta

Saya selama ini tidak mengerti sama sekali dengan Wakelet. Ternyata ini adalah salah satu kecakapan mengajar abad 21 dengan 5 C nya terutama pada aspek Collaboration. Beruntung pak Eric Kunto Aribowo bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk sharing tentang Wakelet.

Kennedy Luthfi
Kennedy Luthfi, S.Pd.SMK Negeri 1 Lahat, Sumatera Selatan

Alhamdulillah...dengan Wakelet saya bisa lebih mudah lagi melaksanakan pembelajaran secara online. Trima kasih Mas Eric atas penyaluran ilmu serta wawasannya buat kami semua.

Sumisteri Trisnawati
Sumisteri Trisnawati, S.Pd.SDN Sampanahan Hilir, Kalimantan Selatan

Materi yang disampaikan sangat menarik dan mudah dipahami, mendidik dan memotivasi untuk lebih kreatif dan inovatif serta pantang menyerah. Narasumber sangat sabar semangat, dan supel dalam membimbing semua peserta 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

Nurliana
Nurliana, S.PdMIN 50 Bireuen

Genially adalah media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam belajar yang animasinya bagus. Sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru. Terimakasih bapak ambasador ERIC KUNTO.

Agustri Hartika
Agustri Hartika, S.Pd.SMPN 3 Sawahlunto, Sumatera Barat

Berkat Genially saya bisa membuat media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga siswa lebih semangat belajar. Terima kasih pak Eric selaku Ambassador Genially yang telah membagikan ilmu yang bermanfaat.

Indah Purwanti
Indah Purwanti, S.Si. SMA Negeri Balung, Jember

Materi hari ini sangat menarik bagi saya. Sumber artikel legal dan gratis menambah semangatku menulis. Narasumbernya sangat menginspirasi dan luar biasa dalam memajukan dunia pendidikan.

 

Peni Mawarningrum
Peni Mawarningrum, S.Pd., M.Pd.SMP N 2 Karangsambung

Materi tentang mencari rujukan dalam menulis artikel dikemas secara praktis, kreatif, dan inovatif. Narasumbernya juga keren dan memukau 😎.

Muharrina Harahap
Muharrina Harahap, S.S., M.Hum.Universitas Negeri Medan

Genially adalah aplikasi yang ramah guru dan siswa. Terima kasih kepada pak Eric Kunto selaku ambassador Genially yang ter-KEREN dalam ilmu karena berbagi tanpa kenal kepada siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

Rizza Yustianingsih
Rizza Yustianingsih, M.Pd.SMP N 3 Sawahlunto

Materi isinya daging, hasil kompilasi konten kontemporer. Pak Eric well-prepared dalam presentasinya.

Agung Purnomo
Agung Purnomo, MBAUniversitas Bina Nusantara

Seminar ini sangat mengedukasi dengan teori dan materi-materi yang mudah untuk diterima. Kegiatan ini membantu membuka wawasan saya untuk melihat peluang-peluang riset yang inovatif dengan berlandaskan referensi yang kredibel.

Rahmi Amir
Rahmi Amir, S.Si., M.Kes.Universitas Muhammadiyah Parepare

Inovasi penyampaian materi yang interaktif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran asinkronus. Terima kasih pak Eric Kunto Aribowo yang telah menjadi pembuka jalan bagi kami di Poltekkes Kemenkes Sorong. Ilmu ini akan kami terapkan pada mahasiswa kami.

Alva Cherry Mustamu
Alva Cherry Mustamu, S.Kep.,M.KepPoltekkes Kemenkes Sorong

Materi Wakelet sangat membantu dalam pemanfaatan IT pada pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19. Pak Eric tetap semangat dalam berkarya. Terima kasih sudah memberikan materi yang sangat bermanfaat.

Luluk Ika Fatul Anisa
Luluk Ika Fatul Anisa, S.Pd.SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi, Malang

Wakelet teman edukator. Pak Eric Ambassador Wakelet memang Josss.

Herawati Susilo
Prof. Herawati Susilo, M.Sc., Ph. D.Universitas Negeri Malang

Konten Pembelajaran dengan Geneally dapat dipaparkan dengan jelas sehingga dapat menambah wawasan di tengah menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh. Amazing buat Pak Eric Kunto semoga terus berkarya.

Dwi Sulistyaningrum
Dra. Dwi SulistyaningrumSMAN 1 Kedunggalar, Ngawi

Pemanfaatan Mendeley sebagai solusi manajemen referensi dari Elsevier mampu dipaparkan secara baik sehingga mudah dipahami oleh peserta pelatihan. Selamat dan semangat untuk Pak Eric yang pasti akan semakin memajukan dunia penelitian dan pendidikan Indonesia!

Johan Jang
Johan JangElsevier Indonesia

Alhamdulillah dapat kesempatan ikut webinar Kahoot lagi. Ternyata masih banyak fitur-fitur kahoot yang baru saya ketahui di sini. Sangat memotivasi saya untuk menjadi lebik baik lagi dalam membuat media pembelajaran.

Anif Setyawati
Anif Setyawati, M.Pd.SMA N 1 Tuban
Ada pertanyaan?

Saya akan segera merespon pesan Anda

Kirim WhatsApp
@EricKunto Baru-baru ini Kahoot! merilis fitur terbarunya, yakni menambahkan rumus matematika. Dengan fitur ini Anda dapat men… twitter.com/i/web/status/1…
@EricKunto RT @wakelet: ✨Amazing ways you can use Wakelet!✨ From PreK to Higher Ed - there are tons of awesome, educator-inspired ideas for how you c…
@EricKunto RT @protocolsIO: We are excited to be taking part in #OAWeek. We’ll be sharing some resources throughout next week highlighting the many be…
@EricKunto RT @wakelet: We're going LIVE with @GoogleForEdu!🤩 Join Ryan, @HollyClarkEdu & @kyteijas for a special-event webinar! Get access to exclus…
@EricKunto RT @IleneWinokur: Ready to ride the 🌊#WakeletWave chat? Two timings to reach the world! Join me and guest hosts @AfricanInitiat3 @cincinoso…
@EricKunto RT @GetKahoot: Making learning awesome is even more impactful when you do it together as a team! 👥 💯 Sign up for our free webinar on Octob…
@EricKunto RT @andri_rbj: Ecosistem RJI @Jur_Indonesia Bismillah. Bulan ini akan launching 2 Program lagi. pic.twitter.com/IiX1FErFm4
@EricKunto RT @wakelet: We're thrilled to announce the @AdobeForEdu + Wakelet integration!❤️💙 Add Adobe Spark content to your Wakelet collections, an…
@EricKunto RT @protocolsIO: We’ve added some improvements to protocols.io! • Merge requests • @OSFramework integration • Author notes • N…