6 Cara Impor Referensi di Zotero

Semua koleksi referensi Anda dapat dikelola di RMS, seperti Zotero. Bagaimana cara mudah mengimpo atau memasukkan referensi ke library di Zotero?

Sumber: erickunto.com


Bagaimana cara mengimpor referensi ke Zotero

Setidaknya ada enam cara yang saat ini saya ketahui untuk mengimpor referensi yang ingin kita gunakan ke dalam library Zotero. Jika Anda bertanya, cara mana yang lebih mudah atau cara mana yang harus saya tempuh lebih dahulu; ini tentu sangat bergantung dengan tipe referensi yang akan Anda impor.

Cara-cara berikut ini saya urutkan berdasarkan pengalaman saya sebagai akademisi. Silakan cermati keenam metode berikut dan pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara terakhir melalui input manual akan kita tempuh jika cara-cara lainnya tidak berhasil.

Drag and drop

Anda sudah memiliki koleksi PDF sebelumnya? Dan ingin mengimpornya ke library Zotero Anda? Jangan kuatir karena Anda dapat melakukannya dengan mudah. 

Pertama-tama, silakan kumpulkan semua koleksi PDF Anda dalam satu folder agar proses impor lebih efisien. Anda juga saya sarankan untuk membuat subfolder berdasarkan topik atau kata kunci dari referensi Anda dan kelompokkan file PDF tersebut berdasarkan topiknya. Pastikan Anda menyimpan di folder yang aman dan mudah Anda cari.

Jika sudah siap, pilih koleksi di Zotero yang telah Anda siapkan lalu pilih semua PDF yang ingin Anda impor. Lakukan drag and drop ke library Zotero dan tunggu beberapa saat. Secara otomatis Zotero akan mendeteksi metadata dari PDF tersebut. Bisa jadi Zotero tidak mendapatkan metadata secara sempurna. 

Ingat! Selalu pastikan setiap kali Anda mengimpor referensi, semua metadata sudah tertulis secara benar dan lengkap. Kekeliruan metadata di library akan mengakibatkan kekeliruan pada kutipan dan/ daftar pustaka pada dokumen Anda.

Apa saja metadata yang harus diisi? Kunjungi "Informasi Apa yang Harus Ada di Referensi Daftar Pustaka" jika Anda masih ragu.

Untuk cara pintas, Anda juga dapat melakukannya dengan jalan mengklik ikon + yang ada di bar bagian atas. Setelah Anda klik, akan muncul dua opsi: Link to File dan Store Copy of File. Apa perbedaannya?

  • Link to File artinya Anda hanya menautkan file PDF tersebut dengan file yang berada pada folder yang Anda impor. Konsekuensinya, jika Anda menghapus folder tersebut maka koleksi PDF Anda tidak akan bisa diakses karena file juga ikut terhapus.
  • Store Copy of File berarti Anda mengkopi file PDF dari folder yang Anda impor ke folder penyimpanan Zotero. Di mana lokasi penyimpanannya? Silakan cek pada Preferences > Advanced > Files and Folders.

Pilihan Link to File dan Store Copy of file

Digital identifier

Referensi online saat ini ditempeli sebuah digital identifier untuk mengenali metadata dari sebuah objek. Pengenal ini dapat digunakan untuk artikel, makalah, ebook, artikel berita, dlsb. Digital identifier yang lazim digunakan untuk sebuah karya ilmiah seperti DOI, handle, dlsb.

Selain DOI, Zotero juga dapat menarik data dari pengenal objek yang dikeluarkan oleh arXiv dan PubMed. Bahkan, Anda juga dapat mendapatkan metadata sebuah buku hanya dengan menginput ISBN.

Input referensi dari digital identifier seperti DOI, ISBN, PubMed ID, dan arXiv ID

Jika Anda tertarik ingin mencobanya, silakan input digital identifier di bawah ini satu per satu. Jangan lupa, Anda cukup menyalin-tempel angka-angka di bawah ini.

  • doi: 10.1111/dech.12637
  • ebook: 978-952-222-387-6
  • arXiv: 2107.10306
  • PMID: 33377885

Zotero Connector

Jika Anda ingin mengimpor referensi yang Anda temukan pada saat berseluncur di internet langsung ke library, coba gunakan Zotero Connector. Anda dapat mengimpor artikel jurnal, makalah prosiding, bahkan beberapa referensi sekaligus jika Anda mengunjungi katalog pustaka seperti Indonesia OneSearch

Salah satu kelebihan Zotero Connector adalah pengguna akan mendapatkan screenshoot satu halaman penuh jika artikel web atau blog yang diimpor. Dengan demikian, pengguna memiliki bukti jika sewaktu-waktu laman tersebut diedit atau tidak dapat diakses lagi.

Jika Anda belum menginstalnya di peramban favorit Anda, silakan klik di sini.

Impor artikel website melalui Zotero Connector

RIS dan BibTex

RIS dan BibTex adalah tipe atau format file yang dikenali oleh sebagian besar Reference Management Software. Jika Anda ingin membagikan beberapa referensi sekaligus atau semua refensi yang ada di folder atau koleksi tertentu, Anda dapat mengekspor ke format RIS dan/ BibTex. Kemudian, minta rekan atau kolaborator Anda untuk mengimpor file RIS dan/ BibTex tersebut ke RMS yang mereka gunakan. Semua metadata referensi akan otomatis masuk ke library dan dapat digunakan untuk mengutip dan membuat daftar pustaka. 

Perhatian! Namun yang perlu diingat, transfer koleksi referensi dengan cara ini hanya membagikan metadata saja, tidak termasuk fulltext PDF yang Anda miliki.

Selain itu, beberapa basis data seperti Dimensions juga memfasilitasi ekspor hasil pencarian ke dalam format ini. Dengan kata lain, jika Anda melakukan penelusuran di sebuah basis data, Anda tidak perlu menyimpannya satu per satu. Cukup ekspor hasil pencarian ke format RIS lalu impor ke dalam Zotero melalui File > Impor

Anda juga dapat memanen referensi menggunakan software Publish or Perish dan ekspor hasil pencarian ke RIS lalu impor ke Zotero.

Jika Anda memilih opsi "Place imported collections and items into new collection" maka semua referensi yang Anda impor tersebut akan dikumpulkan pada satu folder atau koleksi baru dengan nama seperti dengan nama file yang Anda impor.

Silakan klik Continue dan tunggu beberapa saat hingga semua metadata referensi terimpor secara sempurna.

Contoh impor referensi melalui file RIS

RSS feeder

RSS merupakan sebuah fitur untuk melanggan artikel-artikel baru tanpa pengguna harus mengecek ke laman resmi sebuah media atau platform. RSS yang biasanya dimanfaatkan oleh media massa elektronik ternyata juga digunakan oleh pengelola jurnal untuk memberikan update artikel-artikel yang baru terbit. Meskipun tidak semua jurnal memberikan fasilitas ini, namun Anda perlu mencek jurnal-jurnal target dan jurnal bacaan Anda. RSS berupa URL yang nanti dapat Anda tambahkan melalui Add > New feed.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, silakan tambahkan beberapa URL berikut ini.

  • https://scholarhub.ui.ac.id/dharmasisya/recent.rss
  • https://digitalcommons.brockport.edu/jlo/recent.rss
  • http://rss.sciencedirect.com/publication/science/00243841
  • https://www.goethe.de/ins/id/id/rss/mag.rss
  • https://www.tandfonline.com/feed/rss/ynam20

Selain itu, Anda juga dapat mengatur frekuensi update dan penghapusan dari feed Anda. Jika ada artikel menarik yang perlu Anda baca, Anda tinggal menambahkannya ke folder atau koleksi yang Anda inginkan melalui tombol "Add to" yang ada di kanan atas.

Melanggan artikel baru dari sebuah jurnal menggunakan RSS

Input manual

Tidak semua referensi dapat diakses secara online. Untuk makalah seminar yang tidak diunggah atau rubrik media massa versi cetak tetap dapat Anda gunakan sebagai rujukan. Caranya dengan melakukan input metadata secara manual melalui File > New item atau klik ikon + yang ada di bar bagian atas.

Anda juga dapat melakukan cara ini untuk menginput rujukan dalam bentuk wawancara, dokumen paten, peraturan perundang-undangan, podcast, presentasi, software, dlsb. Sebelum mengisi metadata secara manual, tentukan terlebih dulu tipe yang Anda inginkan. Secara otomatis, metadata yang akan diisi akan muncul dan disesuaikan dengan tipe referensi tersebut.

Opsi input metadata secara manual

Komentar

Jika Anda memiliki tip atau strategi lain dalam melakukan impor referensi, silakan bagikan melalui komentar di bawah. Mengalami kendala atau kegagalan saat melakukan uji coba? Jangan lupa kirim pertanyaan Anda melalui komentar berikut.

 

Baca Juga