Webinar Penggunaan Mendeley pada Artikel Berbahasa Arab

Artikel berbahasa Arab memerlukan penanganan ekstra dalam proses editorial Bagaimana adaptasi kutipan dan daftar pustaka artikel Arab dengan Mendeley?

Kredit: Helmi Suyanto


Pengantar

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional PBB yang diakui secara global. Artinya, kita dapat menulis artikel untuk pembaca global dengan menggunakan bahasa Arab. Untuk kalangan peneliti di Indonesia, terutama kajian religuisitas keislaman bahasa Arab lebih populer apabila dibandingkan dengan bahasa Inggris. Di Indonesia bahkan banyak jurnal-jurnal yang juga menerima artikel dalam bahasa Inggris. Jurnal-jurnal ini dikelola oleh teman-teman di bawah Kementerian Agama.

Sayangnya, untuk mengelola artikel yang ditulis dengan bahasa Arab dengan huruf Hijaiyyah tidak semudah dengan artikel yang ditulis dengan tulisan Latin. Ada beberapa penyesuaian dan pengaturan yang perlu dilakukan sebelum naskah final diterbitkan. Bahkan, untuk mengelola kutipan dan daftar pustaka juga memiliki keistimewaan tersendiri.

Detil acara

Relawan Jurnal Indonesia regional Jawa Tengah berencana menyelenggarakan webinar seri ke 22 yang bertajuk "Penggunaan Mendeley pada Artikel Berbahasa Arab" untuk kalangan pengelola jurnal, penulis, maupun khalayak umum. Acara ini akan diselenggarakan pada:

  • Hari, tanggal : Jumat, 4 Juni 2021
  • Pukul : 13.30-15.00 WIB
  • Tempat : Zoom Meeting
  • Meeting ID : 277 884 3500
  • Passcode : rjijateng

Narasumber

Helmi Suyanto | Sekretaris RJI Jateng, Tim Rajawali-9 UIN Walisongo Semarang, Desainer BengkelJurnal.com

Moderator

Eric Kunto Aribowo | RJI Jateng, PSPI RJI, Universitas Widya Dharma Klaten

Tautan penting

URL Materi dan Sertifikat: bit.ly/daftarrjijateng
Live YouTube Channel RJI: youtube.com/c/channelRJI

Rekaman webinar

Rekaman webinar akan disisipkan di sini.

Baca Juga