Mengapa Peneliti Wajib Memiliki Akun ORCID?

Barang kali Anda masih berpikir panjang sebelum mendaftar akun ORCID. Artikel ini mengungkap 6 alasan mengapa peneliti wajib memiliki ORCID.

Sumber: erickunto.com

Pengantar

Nama memang menjadi identitas setiap individu yang menyandangnya. Seseorang akan dikenal melalui nama, termasuk peneliti. Namun, bagaimana jika nama kita ternyata nama yang populer sehingga ditemukan peneliti-peneliti lain yang juga memiliki nama yang sama persis dengan kita? Beberapa kasus yang sering terjadi adalah karya-karya yang telah kita tulis "tersangkut" ke profil peneliti lain. Jika karya-karya kita digunakan sebagai parameter untuk menilai produktivitas dan kinerja kita, tentunya akan sangat merugikan. Apalagi ketika akan digunakan untuk mencari dana hibah riset kan ya? 😁

ORCID ini sebenarnya mirip dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertulis di KTP maupun KK kita masing-masing. Jika nama lengkap memiliki peluang akan ditemukan kemiripan dengan pemilik nama lainnya, namun NIK yang berupa angka tidak akan ditemukan dua orang dengan NIK yang sama. ORCID ini bekerja seperti NIK yang dapat membedakan peneliti satu dengan peneliti lain yang memiliki nama yang sama sekaligus dapat menghubungkan antara peneliti dengan karya-karyanya sehingga kredit dan kontribusi diberikan kepada orang yang tepat.

Tertarik mengetahui ORCID lebih jauh? Silakan putar video berikut ini.

Mengapa Peneliti Wajib Memiliki Akun ORCID?

Barang kali Anda masih berpikir panjang sebelum mendaftar dan memiliki akun ORCID. Artikel berikut ini menjelaskan mengapa peneliti harus memiliki akun ini. 

Membedakan Anda dengan peneliti lainnya

Sering kali kita akan menjumpai peneliti lain yang namanya mirip atau bahkan sama persis dengan nama kita. Kita tentu dapat mengidentifikasi karya-karya mana saja yang termasuk karya kita. Namun, bayangkan apa yang terjadi jika calon kolaborator yang ingin mengetahui rekam jejak riset dan publikasi kita, sedangkan ditemukan banyak nama yang sama dengan nama kita? 

Jika Anda mencoba menemukan peneliti dengan kata kunci "Uswatun Hasanah" melalui SINTA, setidaknya Anda akan mendapati 50 peneliti yang menggunakan nama tersebut. Tentunya, jumlah ini belum termasuk penulis yang berasal dari kalangan mahasiswa, guru, atau yang lainnya. Salah satu fungsi utama ORCID adalah agar peneliti satu dengan peneliti lain dengan nama yang sama dapat dibedakan. Karena ORCID menggunakan 16 angka sebagai pengenal, tentunya tidak akan ada ID yang sama.

Contoh nama yang sama persis dalam satu instansi

ORCID akan sangat membantu terutama jika ada peneliti yang memiliki nama satu kata, lebih-lebih nama yang populer. Bisa jadi, ada peneliti lain di kampus atau instansi kita yang memiliki nama persis dengan nama kita kan?

Gratis, mudah, cepat untuk membuatnya

Anda tidak perlu kuatir karena untuk mendapatkan pengenal ORCID Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Silakan daftarkan diri Anda melalui laman orcid.org/signin dan dapatkan 16 angka unik sebagai ID Anda. Jika Anda membutuhkan tutorial bagaimana mendaftarkan akun ORCID dan bagaimana cara mengoptimalkannya, silakan kunjungi tautan ini.

Menampilkan semua aktivitas akademik

Sebagai peneliti dan dosen kita akan terlibat dengan berbagai macam aktivitas akademik, mulai dari riset, publikasi, terlibat sebagai editor atau reviewer di suatu jurnal ilmiah, dlsb. Jika Anda memiliki ORCID, secara tidak langsung Anda dapat memanfaatkannya sebagai CV digital. Semua informasi penting mengenai diri Anda sebagai peneliti: biografi, link/profil akademik lain, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dana hibah yang diterima, daftar publikasi, aktivitas review, jabatan, anggota asosiasi, dll. dapat ditampilkan di ORCID. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan CV, Anda tinggal memberikan link ORCID atau mencetaknya melalui fitur Print View.

Tampilan ORCID

Lembaga nirlaba, data Anda tidak akan dijual

Sebagaimana dideklarasikan di laman resminya:

ORCID is a global, not-for-profit organization sustained by fees from our member organizations. We are community-built and governed by a Board of Directors representative of our membership with wide stakeholder representation. ORCID is supported by a dedicated and knowledgeable professional staff.

Eksistensi ORCID didukung dari pendaan organisasi yang menjadi anggotanya sehingga ini dapat digunakan untuk menopang pembiayaan untuk ORCID individu. Jika organisasi Anda tertarik untuk menjadi member, coba cermati lebih dahulu apa saja keuntungannya di tautan ini

Selain itu, sebagai bukti bahwa ORCID memang tidak bergerak di bidang komersial ORCID membuka semua konten teks yang dimuat di laman orcid.org dan dibagikan dengan lisensi terbuka CC-0 (public domain). Ini berarti semua konten menjadi milik publik, bukan milik ORCID.

Didukung oleh komunitas global

Sejak dirilis tahun 2009, ORCID berkembang secara pesat. Beberapa organisasi besar, pemberi dana hibah, komunitas, dan bahkan penerbit besar seperti SAGE, Elsevier, PLOS, Nature juga mendukung ORCID dalam ekosistem riset dan publikasi mereka.

Beberapa penerbit besar telah menjadikan ORCID sebagai ID utama peneliti

Hal ini tentu akan menjadi nilai positif bagi peneliti karena setiap pembaca dapat mengetahui rekam jejak dan aktivitas penelitian kita hanya dengan mengklik logo ORCID tersebut. Tertarik ingin mencobanya? Silakan klik tautan ini.

Terintegrasi dengan platform riset lainnya

Sebagai peneliti, kita akan sangat diuntungkan jika memiliki ORCID. Selain dari manfaat-manfaat yang telah saya sebutkan di atas, ORCID juga telah terintegrasi dengan platform riset yang lumayan cukup banyak. Platform-platform seperti Zenodo, Unpaywall, CrossRef, DataCite, GitHub, Protocols, OJS, figshare, Altmetrics, SherpaRomeo dan masih banyak lagi yang lain merupakan platform penting untuk riset dan publikasi di beberapa tahun terkahir ini.

Sebagai contoh adalah integrasi figshare dan ORCID. Figshare sering kali saya manfaatkan untuk membagikan salindia atau slide presentasi yang pernah saya bawakan, baik pada saat seminar maupun pelatihan. Jika ORCID dapat menampilkan riwayat publikasi kita, figshare dapat digunakan untuk menampilkan slide paparan kita. Ini berarti salindia kita dapat lebih banyak diakses dan dimanfaatkan oleh semakin banyak pembaca. Tertarik untuk mengeksplorasi figshare? Silakan kunjungi profil saya di sini dan temukan tutorialnya di salah satu tayangan yang pernah saya unggah.

Tampilan ORCID di profil figshare


Yang menarik lagi, jika Anda sering melakukan pengiriman artikel ke jurnal yang menggunakan OJS, Anda dapat menampilkan ORCID di laman abstrak artikel Anda seperti tampilan di bawah ini. Saran saya, ikuti tutorial di artikel 5 Tahap Mengirimkan Artikel via OJS agar ORCID Anda tidak terlewatkan pada saat pengirian formulir metadata.

Ikon ORCID yang berada di sisi nama penulis pada OJS

Ikon ORCID tersebut juga dapat diklik dan merujuk ke profil ORCID kita sehingga pembaca dapat menelusur lebih jauh siapa kita beserta riwayat publikasi kita. Secara tidak langsung, ini dapat meningkatkan penyebarluasan karya-karya kita lainnya. Untuk mencobanya silakan klik tautan ini.

Penutup

Bagaimana? Menarik bukan? Jika Anda tidak sabar untuk segera mendapatkan akun ORCID, silakan ikuti tutorial 5 Langkah Mudah Mengoptimalkan ORCID.

Baca Juga