Apa yang Sebaiknya Ada di Halaman Depan Tayangan Salindia atau Presentasi Anda

Apa yang Sebaiknya Ada di Halaman Depan Tayangan Salindia atau Presentasi Anda

Jika Anda adalah seorang yang sering diminta untuk berbagi dan menyajikan sebuah materi di depan khalayak, tentunya dan sering kali akan memanfaatkan media presentasi untuk membantu memaparkan ide dan gagasan kepada para audience. Berikut ini merupakan sebuah usulan mengenai informasi yang sebaiknya disampaikan pada halaman depan salindia atau presentasi Anda.

  1. Judul, tentu elemen ini merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah salindia. Pastikan judul Anda singkat, jelas, dan persuasif.
  2. Nama penyaji, Anda diperkenankan membubuhkan nama dengan dan/ tanpa gelar.
  3. Afiliasi, jika Anda memiliki beberapa afiliasi yang masih relevan dengan topik yang Anda sampaikan, silakan urutkan sesuai dengan konteksnya. Misalnya, jika Anda diundang mewakili RJI tentu saja afiliasi RJI berada sebelum instansi atau kampus Anda, begitu pula sebaliknya.
  4. Website personal, (manasuka) jika Anda belum memiliki website personal Anda bisa menggunakan media yang paling sering Anda gunakan untuk membagikan ide. Twitter merupakan salah satu rekomendasi saya. Anda dapat menuliskan akun Twitter Anda, misalnya @EricKunto.
  5. ORCID, jika Anda adalah seorang dosen dan/ peneliti, saya menyarankan Anda menyisipkan ORCID Anda. Dengan menampilkan ORCID, pembaca akan dapat menelusur segala aktivitas ilmiah Anda: topik riset Anda, riset yang pernah dilakukan, pendanaan riset yang pernah Anda terima, peran Anda di publikasi ilmiah, riwayat publikasi Anda, dlsb. Pastikan ORCID Anda selalu up-to-date.
  6. Agenda, atau event kegiatan di mana paparan ini disajikan. Ini perlu karena salindia Anda merupakan salah satu referensi yang bisa disitat atau digunakan ulang oleh pembaca. Jangan sampai pembaca kesulitan ketika ingin mengutip ide yang Anda sampaikan di presentasi Anda.
  7. Versi, jika Anda membawakan materi atau topik yang sama (pernah Anda sajikan sebelumnya) dan Anda menggunakan sebagian besar dari presentasi sebelumnya, saya sarankan Anda menambahkan versi. Tentunya, akan ada informasi baru yang Anda tambahkan. Untuk membedakan salindia pertama (sebelumnya) dengan salindia atau presentasi yang berikutnya, Anda dapat menambahkan versi, misalnya versi 1.0 (untuk salindia pertama) dan versi 1.1 untuk salindia berikutnya. Ini digunakan untuk menunjukkan update atau tambahan kepada pembaca.
  8. Lisensi, merupakan salah satu elemen penting yang tidak boleh ditanggalkan. Untuk lisensi, saya mengadopsi Creative Commons. Untuk lisensi CC-BY sebagaimana contoh di atas, ini berarti saya mengizinkan ide termasuk gambar (bila ada) yang ada pada salindia atau presentasi tersebut dapat digunakan ulang oleh siapapun, bahkan untuk kepentingan komersial. Dengan syarat, tetap memberikan atribusi kepada saya sebagai kreator atau pembuatnya.
  9. Link materi, ini akan memudahkan para penelusur informasi untuk mengakses materi salindia Anda secara utuh. Anda juga dapat menggantinya dengan DOI.

Jika Anda memiliki pengalaman atau informasi lain yang semestinya ditampilkan pada halaman pertama presentasi, mohon dapat menambahkannya dengan jalan memberikan komentar di bawah ini.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *