Siapa saya?

Linguis yang ingin menjadi ilmuwan

pelatihan preprint INARXIV dan manajemen data riset Zenodo

Nama saya Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Lahir di Yogyakarta pada 7 Maret 1986. Saya memiliki minat riset di bidang linguistik khususnya onomastik, sosiolinguistik, dan linguistik lanskap. Selain itu, saya juga memiliki hasrat yang kuat tentang teknologi pendidikan. Tiga kali saya mendapatkan hibah penelitian kompetitif nasional (2016-2018) dan menjadi pendamping Program Hibah Bina Desa (2018). Pengembangan diri sekaligus pengabdian saya lakukan melalui pelatihan pemanfaatan mobile learning kepada para guru serta pengelolaan riset dan publikasi bersama Relawan Jurnal Indonesia. Sementara itu, kerja sama internasional dengan menjadi ambassador di Center for Open Science, Figshare, dan Protocols untuk mendorong keterbukaan riset; serta ambassador di Quizlet, Kahoot!, dan Wakelet untuk mendampingi para guru menuju pembelajaran abad ke-21.

temukan yang Anda butuhkan

Dukungan teknis yang saya miliki

Altmetric Ambassador
Altmetric Ambassador
Sejak Juni 2018 - sekarang
Altmetric merupakan bibliometrik non-tradisional yang memantau atensi luaran riset melalui media sosial, blog, dan laman berita.
Anggota RJI
Anggota RJI
Sejak Juli 2019 - sekarang
Relawan Jurnal Indonesia merupakan organisasi non-profit yang mengedukasi dan memberikan pendampingan terkait pengelolaan jurnal ilmiah.
Canva Community
Canva Community
Sejak Agustus 2019 - sekarang
Ialah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna membuat grafik media sosial, poster, dan konten visual lainnya dengan mudah.
COS Ambassador
COS Ambassador
Sejak September 2018 - sekarang
COS merupakan organisasi teknologi nirlaba yang memiliki visi meningkatkan keterbukaan, integritas, dan reproduksibilitas penelitian ilmiah.
Edpuzzle Coach
Edpuzzle Coach
Sejak Oktober 2019 - sekarang
Video interaktif berbasis web sekaligus alat penilaian formatif yang mendorong (maha)siswa untuk berpikir kritis dari video yang mereka tonton.
Figshare Ambassador
Figshare Ambassador
Sejak Mei 2018 - sekarang
Figshare adalah repositori gratis untuk berbagi data, poster, grafik, presentasi, foto, video, audio, kode, dan luaran riset lainnya.
Kahoot! Ambassador
Kahoot! Ambassador
Sejak Mei 2019 - sekarang
Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game yang membuat belajar menjadi menyenangkan (semua pelajaran, perangkat, dan usia).
Mendeley Advisor
Mendeley Advisor
Sejak Maret 2018 - sekarang
Mendeley merupakan software manajemen referensi gratis untuk mengelola riset, berkolaborasi, dan menemukan riset mutakhir.
Office 365 Trainer
Office 365 Trainer
Sejak November 2017 - sekarang
Microsoft Office 365 merupakan versi online dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote untuk berkolaborasi dengan mudah.
Protocols Ambassador
Protocols Ambassador
Sejak Januari 2020 - sekarang
Merupakan platform terdepan dalam manajemen data dan berbagi metode. Simpan, kelola, dan publikasikan semua karya dalam satu tempat.
Quizlet Ambassador
Quizlet Ambassador
Sejak April 2018 - sekarang
Quizlet merupakan aplikasi belajar berbasis mobile dan web yang memungkinkan siswa mempelajari informasi via permainan dan tool lainnya.
Wakelet Ambassador
Wakelet Ambassador
Sejak Mei 2019 - sekarang
Wakelet merupakan aplikasi kurasi gratis yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengelola, berbagi cerita, dan konten offline maupun online.
testimoni

Apa kata mereka

Pemanfaatan Mendeley sebagai solusi manajemen referensi dari Elsevier mampu dipaparkan secara baik sehingga mudah dipahami oleh peserta pelatihan. Selamat dan semangat untuk Pak Eric yang pasti akan semakin memajukan dunia penelitian dan pendidikan Indonesia!

Johan Jang
Johan JangElsevier Indonesia

Alhamdulillah dapat kesempatan ikut webinar Kahoot lagi. Ternyata masih banyak fitur-fitur kahoot yang baru saya ketahui di sini. Sangat memotivasi saya untuk menjadi lebik baik lagi dalam membuat media pembelajaran.

Anif Setyawati
Anif Setyawati, M.Pd.SMA N 1 Tuban

Figshare berbeda dengan yang lain. Terutama dari adanya sistem lain yang dihadirkan oleh Digital Science. Saling terkoneksi, saling mendukung dan menguatkan sehingga dapat mempermudah user. Selamat bagi para ambasador, sukses terus!

Dwi Fajar Saputra
Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M.Pegiat Open Data

Terima kasih Mas Eric, sudah bersedia untuk berbagi ilmu dengan rekan-rekan dosen di Prodi PAI UAD. Penjelasannya mudah dicerna dan membuat kami semua semakin sadar pentingnya kredit literasi. Luar biasa. Sukses, Mas.

Farid Setiawan
Farid Setiawan, S.Pd. M.Pd.I.Kaprodi PAI UAD Yogyakarta

Saya sangat terkesan dengan semangat berbagi pengetahuan yang ditunjukkan mas Eric. Saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru mengikuti rangkaian materi webinar Mendeley Series, terutama event kerjasama RJI dan Mendeley Advisor Indonesia.

Ando Pato Patak
Andi Anto Patak, S.Pd., M.Pd., Ph.D.Universitas Negeri Makassar

"Saya kira Mendeley sudah sangat membantu dalam penulisan referensi, namun dengan kombinasi Perish, Dimension, Lens, dan VOSviewer ternyata malah lebih memudahkan pencarian, pemetaan, dan melengkapi detail referensi. Terima kasih pak Eric yang selalu bersemangat sharing ilmunya yang memotivasi untuk saya juga tetap semangat belajar dan menulis karya ilmiah."

Herfa Maulina Dewi Soewardini
Herfa Maulina Dewi Soewardini, S.Si., M.Pd.Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pak Eric adalah seorang professional yang sangat kooperatif sebagai narasumber. Mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan sangat komunikatif baik dengan penyelenggara event maupun peserta. Ilmu yang diberikan juga sangat praktis dan aplikatif sehingga sangat berguna bagi peserta.

Danang Dwi Harmoko
Danang Dwi Harmoko, S.S., M.Pd.TemanAcara.com

Mendeley membutuhkan ketekunan dan banyak waktu untuk mencari dan memasukkan referensi terkait artikel kita. Dengan kombinasi Mendeley dan Lens kendala tersebut teratasi. Penulis sangat terbantu menyusun artikel lebih efisien dari sisi waktu dan energi.

Retno Widyani
Prof. Dr. Drh. Rr. Retno Widyani, M.S., M.H.Dosen LLDIKTI IV Jawa Barat

Prezi Video is a new creative way to introduce an interactive lesson. Thanks Dr Eric for your outstanding efforts to spread the knowledge and educate others.

Mohamed Metlawy Abdultawab
Mohamed Metlawy AbdultawabFounder & CEO RECH

"Pak Eric dan materi Wakelet sungguh luar biasa. Kami seakan mendapat 'dunia baru', ada teknologi supercanggih untuk kurasi dan kolaborasi. Bangga bisa hadirkan beliau di hadapan para pengajar di tanah air melalui webinar SangPengajar."

Agus Dwianto
Agus Dwianto, S.Pd., M.Pd.Owner SangPengajar.com

Publish or Perish mempermudah dan membantu akademisi dalam menelusuri tinjauan pustaka yang sebelumnya dikenal sebagai pekerjaan yang melelahkan. Lebih-lebih, materi ini dibawakan dengan sangat baik oleh Pak Eric.

Emmy Safitri
Dr. Emmy Syafitri, S.Pi., M.Si.Universitas Dharmawangsa

Terima kasih, Mas Eric. Hari ini sudah diberi pencerahan tentang penggunaan Canva. Ternyata cukup powerfull. Banyak hal yang bisa diulas.

Masruhan Mufid
Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom.SMKN 7 Semarang

Kahoot! It is an engaging and easy way to integrate technology both in your 'on site' and virtual classrooms for any levels. Not only can teachers provide interactive games and quizzes for classroom assessment but also help learners do independent learning through self study mode. Try Kahoot! and find the difference.

Masrurin Laliliyah
Masrurin Laliliyah, S.Pd., M.Pd.SMA Al Hikmah Surabaya

Saya jadi mengenal banyak aplikasi yang membuat cara pandang baru bagaimana mengajar yang menarik. Menambah wawasan mengenai alternatif aplikasi pembelajaran jarak jauh yang mudah diaplikasikan.

Arlies Subiastuti
Arlies Subiastuti, S.Psi.SMA N 1 Biak, Papua

Using Kahoot! to increase students creativity and learning activity become more fun for physics lessons.

Nurul Fitria
Nurul Fitria, S.Si.SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta

Selalu ingat kata Mas Eric: "Sebagai Ilmuwan kita wajib membagikan ilmu ke orang lain". Terus berkarya dengan webinar dan software keren seperti Kahoot dan Wakelet.

Yessica Chrisna Dewi
Yessica Chrisna Dewi, S.Pd., Gr.SMP Negeri 1 Tiga Dihaji

Anak muda yang penuh potensi, yang mau berbagi ilmunya tentang Kahoot kepada banyak orang. Saya banyak belajar dari mas Eric.

Umi Tira Lestari
Umi Tira Lestari, S.E., M.Ak.SMK Ranti Mula Bogor

Saya tidak asing dengan media pembelajaran, tapi Prezi Video mempunyai keunggulan yang menakjubkan. Pak Eric menyajikan Prezi Video sehingga mudah saya terima dan praktikan.

Hari Purwanto
Hari Purwanto, S.Pd.SMPN 2 Grogol Sukoharjo

Mendeley memudahkan kita dalam mengelola berbagai tipe referensi.

Erlina Hermawati
Erlina Hermawati, S.Kep., Ns.STIKES Duta Gama Klaten

Saya mendapat tambahan wawasan mengenai alternatif aplikasi pembelajaran jarak jauh yang mudah diaplikasikan.

Prakrisno Satrio
Prakrisno Satrio, S.Psi., M.Si., Psi.Universitas 45 Surabaya
Ada pertanyaan?

Saya akan segera merespon pesan Anda

Kirim WhatsApp
@EricKunto RT @SukmaKurn1awan: Hasil riset awal kami mengenai ketahanan UMKM saat pandemi dapat disaksikan melalui video ini. Semoga bermanfaat. Salam…
@EricKunto Cc: @MisbahGedal @JBDbiz @IleneWinokur
@EricKunto RT @Buncee: Global teaching & learning w/ the #BunceeFam! Check out our upcoming destinations: 🌐 July 10: Buncee Workshop in the Philippin…
@EricKunto RT @eda_gimenez: A2: Another way to learn about @Buncee is from some of our (many) inspiring educators in the community: @mariajosegiaved @…
@EricKunto RT @GetKahoot: 🖥️ Use a Google Meet to host a kahoot for your class, family, or friends! 👏 @GoogleForEdu bit.ly/2RpfAH6
@EricKunto Menarik nih. Bisa join Rabu, 15 Juli 2020 pkl. 23.00-00.00 wib twitter.com/protocolsio/st…
@EricKunto RT @IleneWinokur: Two times=global reach for the #WakeletWave chat on July 9 at 3PM GMT/4PM BST or 9PM EST/6PM PST My guest hosts are @ochi…
@EricKunto Menyisipkan Rekaman Video di Google Slide @googleslides erickunto.com/2020/07/07/men…