Keamanan Dua Lapis di Kahoot untuk Mengantisipasi Pemain Jahil

Keamanan Dua Lapis di Kahoot untuk Mengantisipasi Pemain Jahil

Untuk bergabung pada permainan Kahoot, calon peserta membutuhkan link dan/ sebuah kode PIN. Link dan kode PIN ini secara otomatis akan ter-generate ketika permainan mulai dimainkan. Namun, bisa jadi link dan/ kode yang semestinya hanya beredar terbatas kepada calon pemain yang kita inginkan, bisa menyebarluas tanpa sepengetahuan pemilik permainan. Untuk mengantisipasi bergabungnya pemain-pemain yang tidak kita inginkan, kita dapat mengaktifkan keamanan dua lapis pada kahoot. Dengan demikian, dapat mengantisipasi pemain asing tersebut gabung dalam permainan. Ingat, fitur ini bisa digunakan untuk model kahoot live atau teach.

 

Keamanan pertama, verifikasi urutan pola

Apabila kita mengaktifkan fitur ini, setelah bergabung melalui link dan/ kode pemain akan diminta untuk mengurutkan pola yang akan berganti setiap tujuh detik. Pola ini terdiri dari empat warna atau bangun datar yang menjadi pilihan jawaban kahoot (orange, merah, hijau, dan biru). Ini berarti, hanya pemain yang berada dalam kelas (baik kelas fisik maupun virtual) yang hanya dapat melihat pola tersebut.

 

Kedua, penguncian room permainan

Selain verifikasi melalui pola urutan yang disebut di atas, kita juga dapat menambahkan keamanannya melalui penguncian permainan. Penguncian ini dapat dilakukan setelah semua pemain masuk dan bergabung sehingga tidak perlu ada pemain baru yang bergabung. Penguncian ini dapat dilakukan di awal (setelah semua peserta bergabung) atau ketika permainan sedang berlangsung dengan menekan tombol gembok đź”’ di sebelah tombol start pada lobi. Anda tidak perlu kuatir karena penguncian ini dapat Anda buka kapan pun Anda mau, misalnya ketika mengantisipasi ada peserta yang terlempat dari permainan karena kendala koneksi internet.

Bagaimana mengaktifkan kedua fitur ini? Untuk mengaktifkannya cukup mudah. Anda tinggal mengaktifkan 2-step join pada game options sebelum permainan dimulai.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *