Quizizz Certified Game Changer

Quizizz Certified Game Changer

Pertengahan bulan September 2020 Quizizz merilis program sertifikasi yang diberi nama “Quizizz Certified Game Changer”. Program sertifikasi ini merupakan versi Indonesia menyusul program sertifikasi global yang diselenggarakan sejak bulan Mei silam. Sedikit berbeda dengan sertifikasi tingkat internasional yang memiliki 4 level, program sertifikasi Quizizz Indonesia ini selain dibuat dalam bahasa Indonesia juga memiliki beberapa tantangan yang harus dipenuhi agar peserta dapat lolos sertifikasi. Salah satu di antaranya adalah kecakapan dalam penggunaan presentasi interaktif, salah satu fitur yang dirilis awal September lalu dalam rangka merespon covid-19.

Program ini diperuntukkan bagi para pengguna Quizizz, khususnya para guru yang selama ini memanfaatkan Quizizz sebagai media pembelajaran di kelas. Dengan mengikuti program ini, pengguna dapat membuktikan kecakapannya dalam penggunaan Quizizz kepada khalayak. Jika Anda tertarik mengikuti program ini, Anda dapat mencermati best-practice berikut.

Untuk dapat lolos program ini, terdapat 4 ketentuan yang harus dipenuhi seluruhnya. Berikut ketentuan yang dirilis oleh Perwakilan Quizizz di Indonesia, Umar Abdul Aziz.

  1. Pernah membuat setidaknya satu kuis yang tersimpan di akun Quizizz Anda. Untuk ketentuan pertama ini saya yakin cukup mudah. Jika Anda pengguna Quizizz, saya yakin Anda pasti pernah membuat kuis. Pastikan bahwa Anda membuat kuis dari lembar kosong atau nomor 1. Kuis yang diduplikat dari pengguna lain akan memiliki tanda khusus. Pastikan Anda telah membuat kuis dari hasil kinerja Anda sendiri. Anda dapat memanfaatkan fitur teleportasi untuk menambahkan kuis publik yang telah dibuat oleh pengguna lain.
  2. Setidaknya pernah membuat satu pembelajaran/presentasi interaktif. Menurut hasil laporan di gelombang pertama yang diikuti oleh 357 peserta, pada faktanya hanya 211 peserta (lebih kurang 60%) yang lolos. Sebagian besar peserta mengalami kegagalan karena belum dapat menunjukkan presentasi interaktif yang dibuatnya. Untuk membuat presentasi interaktif dapat dilakukan dengan dua cara: klik pelajaran di kanan atas pada tampilan utama atau melakukan konversi dari kuis yang telah dibuat sebelumnya. Untuk petunjuk bagaimana membuat presentasi interaktif dapat Anda baca di sini.
  3. Pernah menjalankan satu game/kuis kepada para siswa Anda hingga selesai. Untuk ketentuan ini, sebenarnya Anda tida perlu memainkan kuis baru karena kuis yang pernah dimainkan akan dapat dilihat berapa kali kuis tersebut dimainkan. Namun, pastikan Anda benar-benar memainkan kuis yang telah dimainkan karena rekaman jumlah permainan yang pernah dimainkan akan terekam.
  4. Menyelesaikan kuis dengan skor minimal 60%. Kuis ini terdiri dari 20 soal yang mencakup fitur-fitur dasar Quizizz hingga fitur terbaru, presentasi interaktif. Saran saya silakan eksplorasi terlebih dahulu fitur-fitur Quizizz sebelum Anda mengambil kuis ini. Harapannya, agar Anda lebih familiar dengan istilah-istilah dan/ menu yang digunakan pada Quizizz. Jika Anda siap mengerjakan kuis, silakan menuju bit.ly/sertifikasiquizizz2

Setelah Anda menuntaskan keempat prasyarat di atas, sertifikat akan dikirimkan melalui email masing-masing. Berikut adalah sertifikat yang nanti akan Anda terima.

Sertifikat Quizizz Game Changer Halaman Depan

Sertifikat Quizizz Game Changer Halaman Belakang

Jika Anda mengalami kendala, Anda dapat bergabung dan menyampaikannya di grup Facebook Komunitas Quizizz Indonesia. Jika Anda belum bergabung, silakan klik tautan ini.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *