Kahoot! Certified for School 2020-2021

Kahoot! Certified for School 2020-2021

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Kahoot! merilis program Kahoot! Certified for School 2020-2021. Program ini merupakan agenda kedua yang sebelumnya juga diliris tahun lalu untuk tahun ajaran 2019-2020. Sebagaimana dikutip dari laporan resminya, setidaknya sudah ada 35 juta pendidik yang mengikuti program ini. Sedikit berbeda dengan program sertifikasi tahun lalu, program kali ini mengusung banyak update dari Kahoot!, khususnya bagaimana Kahoot! dapat mendukung pembelajaran jarak jauh. Jika ini kali pertama Anda mengenal program ini, berikut sedikit ulasannya.

 

Apa itu Kahoot! Certified for School?

Merupakan program sertifikasi gratis yang dilakukan secara daring untuk para guru dan pendidik dunia agar menjadi pengguna Kahoot! yang handal. Program ini merupakan kursus daring mandiri yang berjenjang. Saat ini ada delapan topik kursus yang disediakan. Mulai dari essential: Bronze, Silver, dan Gold; dan advanced: Mentor, Coach, Rocketter, Globetrotter, dan Master. Untuk kursus essential Anda harus menyelesaikan level Bronze sebelum beranjak ke Silver; sedangkan untuk level advanced, Anda dapat mengikuti kursus manapun yang Anda sukai tanpa syarat harus menyelesaikan kursus tertentu. Begitu Anda menyelesaikan kursus ini, Anda akan mendapatkan sertifikat elektronik seperti gambar di bawah ini.

 

Bagaimana teknis program sertifikasi ini?

Setiap kursus akan terdiri dari beberapa video pendek berdurasi 3-10 menit sertiap video. Video ini merupakan materi pembelajaran terkait kursus yang telah Anda pilih. Di samping itu, disediakan pula dokumen PDF yang dapat diunduh berupa panduan atau kisi-kisi. Dari dua materi ini Anda bisa mempelajari bagaimana memaksimalkan penggunaan Kahoot!. Baik video maupun kisi-kisi semua disediakan dalam bahasa Inggris. Setelah Anda merasa cukup yakin dan menguasai materi, Anda dapat langsung mengambil tes yang juga dibuat dalam kahoot.

 

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti program ini?

Untuk mengikuti program sertifikasi ini, saya menyarankan Anda untuk memenuhi beberapa hal di bawah.

  1. Akun kahoot yang terdaftar dengan email aktif Anda. Link untuk kursus berikutnya (kursus yang berjenjang) berikut sertifikat elektronik akan dikirim melalui email yang terdaftar pada akun kahoot Anda. Kahoot tidak menyediakan form isian biodata.
  2. Aplikasi Kahoot! yang terpasang di Android maupun iOS. Semua tes dilakukan via aplikasi Kahoot!
  3. Software PDF reader untuk membuka dokumen PDF yang berisi kisi-kisi serta untuk menuliskan nama Anda di sertifikat.

 

Apa saja syarat untuk lulus di program sertifikasi ini?

Untuk lulus di setiap kursus, Anda diwajibkan dapat menjawab 80% pertanyaan dengan jawaban yang benar. Jumlah soal setiap kursus 10 pertanyaan. Artinya, minimal Anda harus menjawab 8 soal dengan jawaban yang benar. Soal di setiap kursus merupakan kombinasi dari tipe benar/salah, kuis, pilihan ganda, isian singkat. Baca artikel ini untuk mengetahui tipe-tipe pertanyaan yang ada di Kahoot!.

Soal disusun sedemikian rupa secara kronologis dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika Anda gagal mencapai 80% dengan jawaban benar, tidak perlu kuatir. Anda dapat mengulangnya di minggu berikutnya. Untuk itu, pastikan Anda menguasai materi setiap kursus sebelum mengambil tes.

Jika Anda berminat untuk mengambil program sertifikasi ini, silakan klik tombol di bawah untuk mulai mengambil kursus Bronze.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *