Webinar Study Mode: Fitur Baru di Kahoot! untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Webinar Study Mode: Fitur Baru di Kahoot! untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Baru-baru ini Kahoot! merilis sebuah fitur baru sebagai bentuk dukungannya pada pembelajaran jarak jauh. Fitur ini diberi nama Study Mode yang terdapat tiga opsi pilihan belajar: flashcard, practice, dan test yourself. Dengan mode ini, Anda dapat membagikan kahoot yang telah Anda buat kepada para (maha)siswa sehingga mereka dalam melakukan pembelajaran mandiri.

 

Flashcard

Mode ini memungkinkan Anda untuk menjadikan semua pertanyaan yang ada di kahoot menjadi sebuah flashcard digital. Dengan mode ini, (maha)siswa dapat belajar secara mandiri setiap pertanyaan. Sama seperti kebanyakan flashcard digital, pengguna dapat menandai pertanyaan-pertanyaan mana yang telah dia kuasai dan mana pertanyaan yang perlu direview ulang.

 

Practice

Mode ini sama seperti dengan mode permainan kahoot live dan challenge, hanya saja Anda melalukannya secara mandiri tanpa ada pemain lain. Mode ini lebih terfokus pada akurasi atau ketepatan pengguna dalam menjawab pertanyaan sehingga fungsi skor dan timer tidak berlaku.

 

Test Yourself

Mode ini merupakan mode ketiga. Kahoot telah menyusun sesuai dengan siklus belajar siswa (mulai dari flashcard, practice, dan diakhiri dengan tes mandiri). Dengan mode ini, pengguna dapat bermain dan melakukan asesmen mandiri dari kahoot yang telah dipelajari sebelumnya. Skor dan timer aktif namun tidak ada pemain lain.

Sebelum mengikuti agenda ini, saya merekomendasikan Anda untuk menonton rekaman webinar Kahoot!: Gamifikasikan Pembelajaranmu yang terdiri dari 3 bagian.

Petunjuk teknis

Webinar kali ini memanfaatkan Google Meet yang sedikit berbeda dengan webinar-webinar sebelumnya. Untuk itu, setiap peserta yang akan bergabung diharap memerhatikan dengan seksama informasi berikut.

  1. Google Meet memungkinkan semua pengguna untuk menyalakan mikrofon dan webcam, termasuk fungsi untuk menampilkan screen yang ada di layar laptop/PC. Artinya, ketika narasumber menyampaikan paparan dan ada peserta yang menyalakan mikrofon dan/ membagikan presentasi, otomatis presentasi narasumber akan berhenti tergantikan dengan presentasi peserta. Semua peserta diharapkan lebih bijaksana saat bergabung di meeting.
  2. Narasumber (karena belum ada moderator) akan memberikan peringatan kepada peserta yang dianggap mengganggu jalannya webinar, seperti menyalakan mikrofon dan menjalankan presentasi pada saat narasumber menyajikan paparan.
  3. Sesi tanya-jawab dilakukan secara bergantian. Peserta wajib saling menghargai peserta lain beserta narasumber.
  4. Jika dalam keadaan-keadaan mendesak narasumber merasa webinar tidak berjalan kondusif, narasumber akan menghentikan webinar tanpa persetujuan peserta. Mari, belajar bijak memanfaatkan gadget.

 

Jika Anda tertarik untuk mengikuti demo fitur baru ini, silakan bergabung pada webinar “Study Mode: Fitur Baru di Kahoot!” pada:

  • Hari: Kamis 21 Mei 2020 pukul 13.00-14.30 WIB
  • Platform: Google Meet
  • Link join: https://meet.google.com/dxc-rqqk-zxd
  • Kuota: 250 peserta (menurut keterangan Google Meet)
  • Prasyarat: gabung menggunakan PC/laptop dan siapkan sebuah smartphone dengan aplikasi kahoot terbaru (jangan lupa update terlebih dahulu)

 

Jika Anda tidak ingin melewatkan agenda ini, silakan klik ikon “Simpan di Kalender” agar agenda ini tersimpan di kalender digital yang ada di perangkat Anda.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *