Webinar Spesial Hardiknas: Teknologi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Flipgrid

Webinar Spesial Hardiknas: Teknologi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Flipgrid

Karena kemungkinan besar #hardiknas kita tidak upacara, kita bisa belajar bersama cikgu super Goh Kok Ming dari Perak, Malaysia. Beliau akan memaparkan Flipgrid yang beliau gunakan di kelasnya. Jangan kuatir karena presentasi disajikan dalam bahasa Melayu.

Apa itu Flipgrid? Dalam versi pendeknya, Flipgrid adan platform gratis, fokus untuk pendidikan di mana pengguna dapat membuat dan berbagi video pendek. Anda dapat menggunakan Flipgrid untuk diskusi, asesmen, atau kegiatan lain. Artinya, peserta didik tidak lagi memproduksi hasil kerjanya dalam bentuk teks, namun video. Flipgrid mendorong setiap peserta didik untuk berpendapat, mengeluarkan suaranya sehingga sangat bagus jika digunakan untuk mengasah skill komunikasi, salah satu skill yang wajib dikuasai abad 21.

 

Acara ini gratis dan panitia menyediakan sertifikat bagi peserta yang berpartisipasi.

Acara ini berdurasi satu jam dengan skema: 5 menit Perkenalan, 20 menit Presentasi, dan 15 menit Tanya-Jawab. Jangan sampai ketinggalan ya. InsyaAllah ini adalah acara yang sayang untuk dilewatkan.

 

room akan dibuka 30 menit sebelum acara

 

Berikut adalah profil cikgu Goh Kok Ming.

Kebetulan cikgu Goh saat ini dinominasikan untuk terpilih pada #CikguJuaraDigital di Malaysia. Jika Anda ingin mendukung cikgu Goh menjadi juaranya, silakan pilih beliau dengan mengisi vooting di bit.ly/2zBh5f6.

Dalam waktu dekat kami juga akan mengundang Dr. Ilene dari Kuwait yang akan berbicara tentang global collaboration dan professional learning network (PLN) pada Sabtu, 9 Mei 2020 pukul 14.00 WIB. Jangan lewatkan ya. Acara ini gratis dan insyaallah panitia akan menyediakan sertifikat peserta. Kami juga terbuka bagi instansi, kampus, sekolah, dinas, dlsb yang ingin berkontribusi pada kegiatan ini.

Saat ini kami juga sedang berkomunikasi dengan Bronwyn Joyce,  CEO & Founder of Education Elevators (https://educationelevators.com/) dari Australia. Beliau adalah dosen di Federation University Australia pada program School of Education. Beliau juga memimpin sebuah komunitas global yang dinamai Our Global Classroom (OGC) yang memiliki kursus mini tentang SDG (Tujuan Berkembangan Perkelanjutan).

Di samping itu, saat ini kami juga telah berkomunikasi dengan Dr. Michael, dari Malaysia yang juga berperan aktif dalam mengkampanyekan SDG serta global network. Sekali lagi, pintu kami sangat terbuka lebar bagi instansi, kampus, sekolah, maupun dinas yang ingin bekerja sama dalam kegiatan ini. Kami sangat berharap bahwa kontribusi yang diberikan tidak dalam bentuk uang.

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional

#menjadigurudigital

4 Comments

  • Lusy Tunik Muharlisiani Posted May 2, 2020 07:48

    Alhamdulillah denhan joint ini, dapat ilmu baru banyak sekali, yg sebelumnya kita merasa mampu ternyata madih banyak sekali kekurangan kita

    • Eric Kunto Aribowo Posted May 3, 2020 21:14

      Kapan-kapan bila berkenan, kami berharap ibu bisa sharing kepada rekan-rekan..

  • Nur Posted May 2, 2020 08:57

    Very good.
    Pakai webcame pak?

    • Eric Kunto Aribowo Posted May 3, 2020 21:12

      Peserta tidak perlu menggunakan webcam. Hanya narasumber dan host karena sifatnya seminar, bukan meeting.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *