Dari Mendeley hingga Hyperlink Kutipan ke Daftar Pustaka

Dari Mendeley hingga Hyperlink Kutipan ke Daftar Pustaka

Jika Anda sering membaca artikel-artikel yang diterbitkan di jurnal Internasional, Anda pasti sering mendapati bahwa teks kutipan pada artikel tersebut memiliki warna yang berbeda. Kutipan yang ketika kita klik pada dokumen PDF akan langsung menuju pada Daftar Pustaka yang memberikan keterangan lebih lengkap atas kutipan tersebut. Beberapa rekan pengelola jurnal menyebutkan kutipan semacam ini dibuat dengan menggunakan EndNote. Sebuah Reference Management Software keluaran Clarivate Analytics yang dibanderol dengan harga Rp4.386.322,00 untuk versi terbaru, X9. Khusus untuk student mendapatkan diskon 50% dengan harga Rp2.034.783,00. Dulu saya sempat merencakan untuk membeli lisensi ini. Namun, setelah saya pikir-pikir, terutama karena saya tidak memiliki akses atau akun Scopus dan/ WoS jadi saya urungkan saja.

Namun, Anda jangan kuatir. Kita juga bisa membuat kutipan yang memiliki hyperlink ke Daftar Pustaka tanpa EndNote. Bahkan, saya yakin sehari-hari Anda menggunakan perangkat ini. Ya, Microsoft Office Word. Kita dapat memanfaatkan fungsi bookmark dan hyperlink untuk membuatnya. Karena prosesnya manual satu per satu, jadi pastikan Anda memiliki energi dan kesabaran untuk ini. Akan tetapi yakinlah, bahwa pembaca akan sangat berterima kasih untuk Anda atas waktu yang Anda luangkan untuk ini.

Nah, untuk tutorial kali ini saya akan memanfaatkan artikel saya yang telah menggunakan Mendeley untuk kutipan dan daftar pustaka. Anda juga pasti bisa mendeteksi artikel yang dikutip menggunakan Mendeley atau tidak dengan munculnya blok pada kutipan dan/ daftar pustaka. Nah, untuk mengaktifkan bookmark dan hyperlink pertama-tama kita harus menghilangkan kode blok pada kutipan tersebut.

 

Langkah-langkah menghilangkan kode blok Mendeley

 

  1. Setelah semua kutipan dan daftar pustaka telah masuk dan diinput menggunakan Mendeley, pastikan tidak ada kutipan yang tercecer atau metadata di daftar pustaka yang belum lengkap.
  2. Pergi ke tab “Reference” di Word lalu pilih “Export as” dan pilih “Without Mendeley Fields
  3. Ganti nama (jika perlu) dan simpan di tempat atau folder yang Anda kehendaki.
  4. Buka dokumen dan cek apakah blok sudah hilang.

 

Update: info dari mas Susilo (Uhamka), Anda bisa melewati proses 1-4 di atas (menghilangkan kode blok Mendeley) dan menuju langkah berikutnya.

 

Langkah berikutnya adalah membuat bookmark dan hyperlink

 

  1. Pergi ke Daftar Pustaka dan buat bookmark satu per satu dari setiap referensi yang dikutip.
  2. Salin nama belakang penulis (misal nama lengkap Eric Kunto Aribowo, cukup Aribowo yang disalin) lalu pergi ke “Insert” pada menu Word dan pilih “Bookmark” lalu tempel (paste) dan klik “Add“.
  3. Lakukan cara tersebut untuk semua penulis yang dirujuk sesuai dengan jumlah referensi. Jika ada satu penulis dengan beberapa artikel yang dirujuk, saran saya cukup satu kali membuat bookmark untuk efisiensi waktu.
  4. Setelah proses menambahkan semua bookmark selesai, silakan menuju kutipan yang ada di badan teks artikel. Blok nama penulis termasuk penulis terakhir lalu menuju ke “Insert” pada menu Word dan pilih “Link“. Anda juga dapat mengakses cepat melalui klik kanan lalu “hyperlink“.
  5. Pilih tab “This Document” lalu temukan bookmark. Pilih dan pastikan nama penulis pada kutipan adalah nama yang sama dengan nama yang ada di bookmark lalu klik “Ok“.
  6. Ulangi langkah di atas untuk semua kutipan.

 

Perhatian: untuk mencoba silakan klik nama pada kutipan. Apakah Anda akan diantarkan ke Daftar Pustaka? Jika jawabannya ya, berarti Anda telah sukses menambahkan bookmark dan hyperlink.

 

Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa mengamati video berikut ini.

Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi yang telah selesai. Dengan demikian, pembaca akan lebih mudah jika ingin mengetahui metadata (judul artikel/buku, nama jurnal/penerbit, dst.) yang lebih lengkap dari kutipan yang Anda rujuk. Namun jika Anda adalah seorang pengelola jurnal, tentu Anda akan mengekspor dokumen tersebut ke dalam format PDF. Anda dapat langsung mengekspor PDF dari fitur yang disediakan Word.

 

Cara ekspor DOC atau DOCX dari Word ke PDF

 

  1. Buka opsi “Save as” pada menu Word lalu pilih “Save type as” PDF.
  2. Cek pada kolom “Options” dan pastikan “Create bookmarks using: Word bookmark” sudah tercentang seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Lalu klik “OK” dan lanjutkan dengan “Save“.
  4. Cek ulang apakah hyperlink masih aktif.

Penyangkalan: Saya tidak mendapati kolom “Options” pada Word for Mac versi 2019 sehingga PDF yang diekspor dari Word for Mac akan hilang. Menu “Options” akan muncul pada Word for Windows. Untuk tutorial ini saya menggunakan Microsoft Office Professional Plus 2016 untuk Windows.

 

Untuk lebih jelas dapat disaksikan pada video berikut ini.

Anda juga dapat memanfaatkan software konverter DOC to PDF yang Anda gunakan jika menu di Word Anda tidak muncul. Silakan dicoba dan apabila Anda menemui kendala atau memiliki pertanyaan, jangan segan-segan untuk memberi komentar pada kolom di bawah ini.

1 Comment

  • Renny Posted April 17, 2020 08:15

    Keren banget. Menambah ilmu. sy tdk tabu bahwa bs melakukan itu

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *