Tutorial Ekspor Daftar Pustaka Manual ke Format Bib atau RIS via Citation Finder

Tutorial Ekspor Daftar Pustaka Manual ke Format Bib atau RIS via Citation Finder

Jika Anda adalah seorang editor atau orang yang berkecimpung di dunia penulisan ilmiah, tentu kutipan dan daftar pustaka merupakan hal yang Anda temui sehari-hari. Meskipun sudah banyak beredar piranti lunak untuk memudahkan pembuatan kutipan dan daftar pustaka, sayangnya masih ada beberapa penulis yang masih menggunakan cara manual untuk membuat kedua hal ini. Tutorial berikut ini memberikan panduan bagaimana cara mengekspor daftar pustaka yang dibuat secara manual tadi ke dalam format Bib atau RIS sehingga metadata referensi dapat diimpor ke reference management software (RMS).

 

Langkah-langkah mengekspor ke Bib atau RIS:

  1. Salin semua referensi yang ada di daftar pustaka
  2. Kunjungi https://citation-finder.now.sh lalu tempel ke kolom yang tersedia
  3. Pilih format yang diinginkan (Bib atau RIS). Kedua format ini bisa dibaca oleh sebagian besar RMS seperti Mendeley atau Zotero
  4. Review hasil penelusuran. Pastikan metadata antara kutipan asli dan hasil pencarian sama persis, mulai dari nama penulis, tahun, judul, dan informasi lainnya. Blok berwarna kuning berarti Anda menyetujui bahwa hasil pencarian tersebut lah yang akan diekspor.
  5. Pilih download all selections

 

Adapun langkah-langkah mengimpor Bib atau RIS ke Mendeley, pilih File > Import (pilih sesuai dengan format yang diunduh) lalu pilih OPEN.

Kegagalan penelusuran biasanya terjadi pada referensi dari Indonesia, terutama buku.

Jika referensi yang Anda maksud belum ditemukan dan bertipe buku, sebelum menginput metadata secara manual bisa coba dengan melakukan pencarian di Google Books. Untuk tutotial “Cara Impor Metadata Buku dari Google Books dapat dibaca di sini.

4 Comments

  • Cahyo Hasanudin Posted April 11, 2020 12:35

    saya mau tanya, jika agar judul artikel berubah kecil semua bagaimana ya? padahal data saya ini sudah kapital kecil, tapi ketika masuk mendelay jadi kapital semua untuk judul.
    mohon pencerahan.
    terima kasih.

    • Eric Kunto Aribowo Posted April 11, 2020 14:46

      Saya blm menemukan cara yg paling efisien untuk mengubah kata menjadi kecil semua atau kapital-kecil kecuali disalin ke Word lalu diubah case-nya. Data sudah kapital-kecil ini dari Daftar Pustaka manual atau melalui Citation Finder? Kalau pengalaman saya, judul yang ditulis dengan kapital semua biasanya dari jurnal Indonesia. Dugaan saya karena pengelola jurnal yang mengunggah metadatanya memang demikian.

      “dan entry data ke sitasi tetap harus satu per satu ya pak?” ya karena kita hanya mengimpor metadata ke RMS dan memanggilnya melalui word processor. Kecuali kita sudah ga pakai Word, lebih mudah. Misalnya https://www.manuscripts.io/ atau https://www.authorea.com/

      Terima kasih atas feedbacknya.

      NB: setahu saya untuk penulisan judul kapital-kecil atau hanya huruf pertama yg kecil itu juga termasuk style. Contoh judul kapital-kecil https://doi.org/10.1080/00048402.2019.1611892 contoh kapital-awal https://doi.org/10.1080/00020184.2019.1695385

      • Cahyo Hasanudin Posted April 11, 2020 18:37

        terima kasih Pak. Sangat membantu saya. betul apa yang bapak deskripsikan.

  • Cahyo Hasanudin Posted April 11, 2020 12:43

    dan entry data ke sitasi tetap harus satu per satu ya pak?

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *