Review Kursus Online di Enago Learn

Review Kursus Online di Enago Learn

Kebetulan saya baru saja menyelesaikan kursus yang diselenggarakan oleh Enago Learn dengan tema “Preparing to Write a Research Paper (Advanced)” yang diasuh oleh Duncan Nicholas (ex-Managing Editor, Taylor & Francis). Oh ya, review ini bukan sarana promosi karena saya tidak menyarankan Anda mengikuti kursus di Enago. Satu kursus dibandrol $89,99 atau sekitar Rp1.426.346,01 (kurs tertanggal hari ini $1 = Rp15.850,05). Sekedar informasi, Enago ini adalah penyedia layanan jasa editing publikasi. Rekam jejaknya menurut saya lumayan bagus. Coba saja cek laman situs webnya di https://www.enago.com/. Yang saya tahu, UGM via BPP menyediakan fasilitas proofreading gratis bagi sivitas akademika (tentunya dengan syarat dan ketentuan tertentu).

Nah, kembali ke topik pembicaraan, kursus yang saya ambil tadi membahas tentang:

  1. Understanding how research papers are written in specific subject areas,
  2. Importance of recording details that can be incorporated into the research paper at the writing stage,
  3. Importance of journal selection to the writing process,
  4. Creating drafts of researcher papers for feedback, and
  5. Importance of the different styles of academic writing for research papers.

 

Yang membuat saya terkesan adalah materi yang disajikan sangat singkat dan komprehensif. Sangat berbeda dengan IdMenulis yang menurut saya masih di permukaan, kurang praktis. Nah, coba Anda perhatikan kontennya lebih detil seperti pada gambar di bawah.

Durasinya hanya 24,15 (tidak sampai 30 menit), namun saya dapat banyak informasi baru dari kursus ini. Narasumbernya patut diacungi jempol. Bagi saya, kursus yang ideal adalah yang memiliki durasi tidak lebih dari satu jam; bisa selesai sekali duduk (untuk yang non-praktik). Baru-baru ini saya juga mengikuti kursus online gratis di Skill Academy dengan durasi lebih dari satu jam dan merasakan jenuh jika diselesaikan dalam satu waktu. Di bawah satu jam adalah waktu yang ideal menurut saya.

Kelebihan lainnya adalah pada media penyampaian. Kursus di IdMenulis dan Skill Academy (karena didukung oleh RuangGuru) jadi memiliki model yang sama. Akan muncul narasumber dengan latar (dan terkadang selingan) berupa tayangan atau slide materi. Ini sering kali membuat saya tidak fokus; memilih memperhatikan narasumber atau tanyangan materi. Untuk konten belajar di Enago, setiap sesi akan diikuti oleh tayangan materi yang baru saja disampaikan. Ini membuat reinforcement atau penguatan kita menjadi lebih bagus. Yang menarik lagi adalah adanya transkripsi percakapan narasumber. Artinya, kursus ini ramah difabel. Teman-teman yang memiliki gangguan pendengaran tetap bisa mengikuti pembelajaran. Saya harap ini juga bisa diaplikasikan di IdMenulis, Skill Academy, dan e-learning lainnya di Indonesia.

Terakhir, yang membuat saya kagum adalah bagaimana mereka menyediakan sertifikat elektroni. IdMenulis dan Skill Academy memang keduanya juga menyediakan sertifikat elektronik. Udemy juga demikian. Namun, untuk sertifikat Udemy kita akan diberikan link yang menuju langsung ke kursus yang telah kita ambil (contohnya bisa dicek di sini). Bahkan, kita bisa mendapatkan sertifikat dalam bahasa Inggris. Di bawah sertifikat tersebut tertulis:

“Sertifikat di atas ini memverifikasi bahwa Eric Kunto Aribowo berhasil menyelesaikan kursus Membuat Slide Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint pada 25/04/2019 yang diajar oleh Muhammad Noer di Udemy. Sertifikat ini menyatakan bahwa seluruh kursus telah diselesaikan sebagaimana divalidasi oleh peserta.”

Bagaimana dengan sertifikat Enago? Untuk sertifikat di Enago ternyata kita akan dirujuk ke https://www.credential.net/ di mana kita diminta untuk memverifikasi sertifikat yang telah kita dapatkan. Di portal ini akan terpajang semua sertifikat yang telah kita dapatkan, termasuk transkipnya (ini akan sangat bagus jika diterapkan untuk ijazah). Nah, bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membuat konten pembelajaran atau kuliah menjadi seperti ini?

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *