Tutorial Menambahkan Nomor Halaman pada Kutipan via Mendeley

Tutorial Menambahkan Nomor Halaman pada Kutipan via Mendeley

Baru saja saya dihubungi oleh salah seorang rekan pengelola jurnal yang menanyakan terkait bagaimana cara menambahkan nomor halaman pada kutipan melalui Mendeley. Sebenarnya caranya mudah, namun menu untuk mengaturnya memang tampak tersembunyi.

 

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Panggil kutipan seperti biasanya melalui menu Reference di Microsoft Word lalu pilih Insert citation.
  2. Kemudian akan muncul pop up Mendeley Citation Editor lalu masukkan nama penulis atau judul artikel/buku untuk memanggil referensi.
  3. Sebelum Anda menekan tombol OK, pilih atau klik kembali nama penulis yang ingin Anda tambahkan nomor halamannya.
  4. Akan muncul menu baru yang berisikan Page dan di sebelah kanan terdapat kolom kosong untuk menambahkan nomor halaman. Silakan ketikkan nomor halaman pada kolom tersebut, misalnya 13.
  5. Kemudian klik OK. Secara otomatis nomor halaman akan menyesuaikan gaya sitasi yang Anda pilih.

 

Lalu, bagaimana cara mengubahnya ke format bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, misalnya menjadi hal. atau p.? Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengganti pengaturan bahasa di Mendeley.

 

Caranya:

  1. Pada menu Reference di Micsoroft Word, temukan opsi style.
  2. Klik menu drop-down di sebelah kanan style yang Anda pilih, lalu menuju ke More Styles… di bagian paling bawah.
  3. Setelah muncul menu pop up Citation Style, perhatikan pada opsi di bagian bawah Citation and Bibliography Language. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.
  4. Klik Done.

Perhatian: Format penulisan nomor halaman juga akan mengikuti gaya sitasi yang Anda gunakan. Pastikan dan cek kembali ke buku panduan atau website resmi penerbit gaya sitasi tersebut untuk memastikan format yang digunakan benar dan sesuai dengan pedoman (kecuali Anda menggunakan style yang sudah dimodifikasi).

 

Anda juga dapat melakukan cara yang sama untuk menambahkan nomor paragraf, kolom, baris, dlsb. Untuk lebih jelas Anda dapat menonton video tutorial berikut.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *