7 Tipe Pertanyaan di Kahoot! yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Tipe Pertanyaan di Kahoot! yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pernah menggunakan Kahoot!? Atau sama sekali belum mengenalnya? Kahoot! adalah aplikasi game-based learning yang dapat Anda manfaatkan di kelas. Aplikasi ini menawarkan kuis interaktif dengan jawaban yang dapat dijawab oleh peserta melalui piranti elektronik mereka masing-masing: smartphone, tablet, maupun laptop. Dengan catatan, telah terhubung dengan internet.

Baru-baru ini Kahoot! merilis berita yang sangat menggembirakan untuk kalangan pendidikan, khususnya guru dan dosen. Kahoot! membuka akses premium secara cuma-cuma. Jika Anda belum melakukan klaim akses premium gratis ini, silakan klik di sini. Jika Anda sudah melakukan klaim, Anda akan dapat mengakses semua tipe pertanyaan yang akan saya jelaskan sebentar lagi.

Kahoot! selamanya gratis untuk guru dan dosen. Hanya saja, untuk akun gratis pengguna hanya bisa memanfaatkan dua tipe soal: quiz dan true or false.

Berikut adalah tujuh tipe pertanyaan yang dapat diakses melalui Kahoot! Premium.

 

1. Quiz

 

Tipe pertanyaan ini dapat Anda gunakan jika Anda menginginkan pertanyaan model multiple choice atau pilihan ganda. Anda dapat memberikan dua, tiga, atau empat opsi jawaban di kahoot. Anda juga dapat mengatur agar opsi jawaban diacak saat memainkan live atau challenge.

Tip: Anda juga dapat memberikan dua hingga empat opsi jawaban yang benar untuk memberikan jawaban benar yang lebih dari satu.

2. True or False

 

Seperti namanya, tipe pertanyaan ini memperkenankan Anda untuk membuat tipe soal benar atau salah, misalnya “Kahoot! hanya bisa dimainkan melalui komputer/PC.”.

3. Open-ended

 

Untuk soal tipe ini, memungkinkan Anda untuk membuat soal dengan jawaban yang diketikkan oleh para pemain atau pengguna melalui keyboard piranti mereka masing-masing. Pada saat artikel ini ditulis, Anda hanya diperkenankan untuk membuat jawaban yang tidak lebih dari 20 karakter atau huruf. Anda juga dapat memberikan beberapa opsi jawaban jika memang memiliki beberapa opsi jawaban yang benar, misalnya untuk soal “1,5+2,5=…“ Anda dapat menambahkan jawaban benar (1) 4; dan/atau (2) 4,0. Setiap peserta yang memberikan jawaban 4 atau 4,0 sama-sama akan mendapatkan skor.

4. Puzzle

 

Tipe pertanyaan ini memungkinkan ada untuk membuat soal yang menuntut urutan. Anda dapat memanfaatkan pertanyaan model ini jika pertanyaan Anda menuntu jawaban yang terkait proses, tahapan, atau urutan. Misalnya “Urutkan dari huruf paling awal hingga paling akhir” C, E, F, G. Untuk tipe pertanyaan ini, pemain akan diminta untuk melakukan drag-drop pada saat menjawab lalu menyentuh submit di layar smartphone.

Perhatian: Jawaban tidak akan terkumpul jika pemain lupa menekan tombol submit.

 

5. Poll

 

Berbeda dengan tipe-tipe pertanyaan sebelumnya, untuk pertanyaan poll tidak ada jawaban benar atau salah sehingga pemain yang menjawab tidak akan mendapatkan skor atau nilai. Poll dapat Anda manfaatkan untuk menjaring feedback atau umpan balik dari peserta.

6. Wordcloud

 

Lebih singkatnya, tipe ini adalah paduan dari open-ended dan poll. Anda dapat membuat soal dengan jawaban terbuka namun setiap jawaban tidak akan diberi skor. Jika pada poll opsi pilihan telah Anda batasi (dua hingga 4), namun untuk wordcloud para peserta dapat mengetikkan jawaban mereka masing-masing. Jika jawaban memiliki jumlah yang lebih banyak maka teks akan semakin membesar. Dengan kata lain, semakin besar teks maka semakin besar pula pemain yang menjawab dengan jawaban tersebut.

7. Slide

 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Kahoot! hanya untuk pertanyaan atau kuis saja? Jawabannya adalah tidak. Anda dapat menambahkan gambar (dapat Anda cari dari Getty Images yang berlisensi bebas pakai; atau gambar yang Anda unggah sendiri) atau menambahkan video dari YouTube (dengan menautkan link). Anda dapat memanfaatkan slide untuk menambahkan konteks dan penjelasan lebih lanjut dari soal sebelumnya.

Perhatian: jika Anda gagal menyimpan kahoot yang telah dibuat, coba cek kembali apakah ada pertanyaan yang belum ada soalnya; atau belum ada pilihan (centang) untuk jawaban benar.

Silakan coba eksplorasi beragam tipe pertanyaan yang disediakan Kahoot!! Bagikan kahoot yang telah Anda buat di kolom komentar atau bagikan di media sosial! Pasti akan saya coba dan beri masukan.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *