Rekaman Webinar: Aplikasi Gratis Pembelajaran Jarak Jauh

Rekaman Webinar: Aplikasi Gratis Pembelajaran Jarak Jauh

Kemarin saya mendapat informasi bahwa sekolah-sekolah di daerah Surakarta mulai ditutup besok Senin (16/3/2020) sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19. Ini berarti bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan. Artinya, pembelajaran harus dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh. Sayangnya, menurut pengamatan saya sistem dan infrastuktur di Indonesia belum bisa mengantisipasi hal ini, bahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekalipun. Meskipun sejak tahun 2017 Kemristekdikti telah menginisiasi Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA), namun faktanya sebagian perguruan tinggi belum bergerak untuk menyiapkannya.

Mengantisipasi kebuntuan para pendidik (terutama para guru dan dosen), saya bekerja sama dengan Relawan Jurnal Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Webinar Aplikasi Gratis Pembelajaran Jarak Jauh” pada Sabtu (14/3/2020) mulai pukul 10.00 s/d 12.00 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengalaman dan tutorial singkat terkait aplikasi-aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh. Beberapa aplikasi yang saya bahas termasuk Zoom, Meet, dan WebEx untuk menyelenggarakan tele conference, ScreenCastify dan Loom untuk screencasting (merekam yang ada di layar laptop dan bisa ditambahkan dengan rekaman webcam dari laptop), Kahoot!, Quizizz, dan Google Form untuk memberikan kuis dan penugasan, dlsb.

Jika Anda tidak sempat mengikuti kegiatan ini, jangan kuatir karena Anda dapat menyaksikan video rekamannya di sini. Jika Anda mendapati kendala atau memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan, jangan lupa beri komentar di bawah video ini.

 

 

Sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan ini, setiap peserta diberikan sertifikat elektronik. Kebetulan, saya terlibat sebagai Kahoot! Ambassador dan Wakelet Ambassador.

 

2 Comments

  • Jogeneis Patty Posted May 4, 2020 10:25

    Daftarnya humana pak

    • Eric Kunto Aribowo Posted May 10, 2020 09:07

      Webinar ini sudah berlangsung. Silakan tonton video rekamannya ya. Tinggal klik pada video.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *