Cara Impor Metadata Buku dari Google Books

Cara Impor Metadata Buku dari Google Books

Dalam melakukan kutipan, terkadang seseorang merujuk pada buku. Metadata buku-buku modern dapat dengan mudah dipanen lebih-lebih jika sudah memiliki DOI. Namun, bagaimana jika ternyata buku yang akan kita kutip ternyata tidak memiliki DOI bahkan belum diterbitkan secara online? Kasus ini biasanya terjadi jika referensi yang akan dikutip adalah buku-buku terbitan Indonesia.

Tidak perlu kuatir. Ada tips mudah dan gratis yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Tips ini saya dapatkan dari Pak Helmi (Relawan Jurnal Indonesia) ketika bersama-sama melakukan pendampingan jurnal di Politeknik Harapan Bersama Tegal. Anda bisa mencoba tips ini karena sangat mudah untuk dilakukan.

Melakukan input metadata secara manual memiliki risiko kekeliruan data yang lebih besar. Mengimpor metadata dari sebuah pengindeks lebih menjamin keakuratan metadata yang akan digunakan pada sebuah referensi.

 

Cara mengunduh metadata:

  1. Coba kunjungi books.google.co.id
  2. Ketikkan judul buku yang Anda cari (cermati edisi dan tahun terbit)
  3. Klik pada judul buku
  4. Temukan Informasi bibliografi di bagian bawah halaman
  5. Pilih ekspor kutipan dan simpan dalam format BibTeX

 

Setelah proses ini setelah, Anda tinggal mengimpor berkas BibTeX dari ke Mendeley Desktop melalui: File > Import > BibTeX. Selamat mencoba! Untuk lebih jelas silakan perhatikan GIF berikut.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *