Perkenalan Mendeley untuk Pengelola Jurnal Politeknik Harapan Bersama Pekalongan

Perkenalan Mendeley untuk Pengelola Jurnal Politeknik Harapan Bersama Pekalongan

Sabtu kemarin (22/2/2020) bersama-sama dengan Relawan Jurnal Indonesia kami melakukan pendampingan “Workshop Manajemen Penerbitan OJS 2 & Teknis Penggunaan Mendeley”. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan RJI. Di sesi pertama membahas tentang proses bisnis manajemen penerbitan menggunakan OJS 2. Di sesi kedua, setelah istirahat giliran saya memberikan pelatihan Mendeley.

Saya mendapati bahwa sebagian besar peserta telah mampu menggunakan Mendeley untuk membuat kutipan dan daftar pustaka. Meskipun itu sebenarnya adalah fungsi dasar dari Mendeley. Salah satunya adalah melengkapi profil dan menaruh semua hasil publikasi yang pernah kita lakukan di folder “My Publications”. Langkah ini dapat kita lakukan dalam rangka menampilkan seluruh tulisan kita di profil Mendeley. Apakah hanya publikasi? Tentunya tidak. Beberapa informasi lain yang bisa kita tambahkan:

  • About, pada bagian ini tidak dapat menuliskan biografi singkat.
  • Research Interest, berisi riset-riset yang Anda minati.
  • Editorship, peran dalam pengelolaan jurnal, dapat berupa editor dan/atau reviewer.
  • Recent Publications, bagian ini secara otomatis akan ter-update ketika Anda memasukkan karya-karya Anda di folder My Publication.
  • Professional Experience, bagian ini dapat Anda isikan dengan organisasi profesional yang Anda ikuti, riwayat pekerjaan, atau keanggotaan lain terkait dunia riset Anda.
  • Education, merupakan riwayat pendidikan Anda.

 

Mendeley memang tidak hanya sebatas Reference Management Software. Kita dapat menjadikan Mendeley sebagai media sosial dan etalase kegiatan ilmiah kita.

Selain itu, saya juga menyarankan agar Anda melakukan sinkronisasi dengan ORCID dan Scopus ID jika Anda telah memilikinya. Berikut adalah contoh profil Mendeley saya.

Berikut ini adalah foto-foto kegiatan kemarin.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *