Seminar Nasional dan Launching Pusat Studi Publikasi Ilmiah Relawan Jurnal Indonesia

Seminar Nasional dan Launching Pusat Studi Publikasi Ilmiah Relawan Jurnal Indonesia

Baru-baru (8/2/2020) ini Relawan Jurnal Indonesia merilis sebuah divisi baru, Pusat Studi Publikasi Ilmiah (PSPI). Divisi ini merupakan salah satu hasil dari Musyawarah Nasional yang diselenggarakan tahun lalu. Salah satu misinya adalah melakukan kajian terkait isu-isu publikasi yang ada di Indonesia.

Pusat Studi Publikasi Ilmiah diresmikan secara langsung oleh Andri Putra Kesmawan selaku Pengurus Pusat RJI. Peresmian ini bersamaan dengan digelarnya Seminar Nasional yang bertajuk “Tantangan Mewujudkan Riset yang Merata dan Berkeadilan antara Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa” di UNUSA, Surabaya. Pada kesempatan ini, selaku koordinator PSPI menyampaikan tentang kontribusi yang diberikan oleh RJI selama berkiprah dalam mendampingi para pengelola jurnal di Indonesia.

Peran RJI dalam mendukung percepatan publikasi ilmiah di Indonesia didukung oleh 243 tutor pendamping yang ada di 33 provinsi di Indonesia (pengurus daerah).

Sebagai sponsoring organization CrossRef yang menyediakan layanan DOI, setidaknya RJI telah membantu meregistrasikan lebih dari 817 penerbit jurnal ilmiah di Indonesia (data Desember 2019). Meningkatnya jumlah jurnal terindeks di DOAJ menjadi peringkat nomor dua di dunia (1.548 jurnal, data 20 Januari 2020) setelah Inggris (1.604 jurnal) tidak dapat dipungkiri sebagai bentuk dukungan RJI yang memiliki 2 Ambassador, 1 Editor, dan 12 Associate Editor DOAJ. Selain itu, setidaknya 18 anggota RJI berperan sebagai Mendeley Advisor yang siap mendampingi terkait pengelolaan referensi ilmiah.

Berikut adalah salindia yang saya paparkan pada seminar.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *